Pelajar Asal Ambon Raih Penghargaan Menulis Internasional

Satu lagi prestasi membanggakan Pelajar SMP asal Ambon berhasil mendapat penghargaan dalam ajang kompetisi menulis internasional 2016. Ia adalah Christ Soselisa, siswa SMPK Kalam Kudus Ambon, yang mendapat penghargaan Special Mentions dalam Lomba Menulis Surat Remaja Internasional ke-41 atau The 41st International Letter-Writing Competition for Young People. Lomba menulis tersebut diselenggarakan oleh Perhimpunan Pos Sedunia atau Universal Postal Union (UPU).

Christ Soselisa adalah juara pertama dari Lomba Menulis Surat Remaja Nasional 2012 yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika, bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang diadakan 15 Januari-22 Februari 2012. Christ menyisihkan 818 pucuk surat peserta lainnyal. Adapun surat yang dituliskan Christ ditujukan kepada Michael Phelps, pemenang tujuh medali emas Olimpiade.

Dalam suratnya, Christ mengagumi prestasi Phelps di Olimpiade. Ia juga bercerita bahwa ia dan teman-temannya juga menyukai olahraga seperti renang dan sepak bola. Menurutnya berolahraga membuat diri menjadi sehat dan bahagia. Christ juga menulis pendapatnya tentang pesta olahraga dunia, Olimpiade. Ia menulis, Olimpiade membuat pesertanya kuat secara fisik dan mental, dan mengajarkan untuk memiliki impian dan harapan.

Sosok Christ yang tinggal di sebuah desa kecil di Ambon juga bercerita kepada Phelps bahwa ia memiliki impian yang besar, yaitu menjadi ilmuwan astronot. Meski banyak yang meragukan impiannya, Christ berjanji akan berusaha untuk mencapainya, karena ia memiliki harapan untuk masa depan, dan kini ia berhasil juara dalam kompetisi menulis tersebut.

Kompetisi The 41st International Letter-Writing Competition for Young People 2012 bertema “Tulislah sebuah surat kepada seorang atlet atau figur olahragawan/wati yang Anda kagumi dengan maksud menggambarkan apa arti olimpiade bagi Anda”. Kompetisi menulis ini diikuti lebih dari satu juta peserta dari 55 negara anggota UPU.

Keikutsertaan Indonesia dalam kompetisi kegiatan menulis surat internasional tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan tulis menulis serta kreativitas dan kompetensi diri generasi muda Indonesia untuk terus berkarya, baik di tingkat nasional maupun internasional, dan diharapkan generasi muda INdonesia mendatang menghasilkan prestasi yang dapat dibanggakan dalam ajang Internasional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here