Patung GWK Bali Jadi Patung Tertinggi di Dunia

Ditargetkan selesai pada Agustus 2018, Garuda Wisnu Kencana (GWK) akan menjadi patung tertinggi kedua di dunia.

Patung ini hanya kalah tinggi dari Spring Temple Buddha di China dan mengungguli The Laykyun Sekkya Buddha di Myanmar.

Peletakan batu pertamanya dilaksanakan di kawasan taman kebudayaan di Bukit Ungasan, Jimbaran, pada tahun 1997.

Bakal menjulang setinggi 121 meter, GWK yang terletak di Pulau Dewata ini pembangunannya mencapai 70 persen, material pembangunan patung GWK diimpor dari sejumlah negara, seperti Jepang, serta negara-negara di Eropa dan Amerika Latin.

Patung yang diprakarsai Nyoman Nuarta ini hanya kalah tinggi dari Spring Temple Buddha di China dan mengungguli The Laykyun Sekkya Buddha di Myanmar.

Mengutip data yang dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini patung tertinggi di dunia selengkapnya:

Spring Temple BuddhaSpring Temple Buddha

1. Spring Temple Buddha

Patung yang dibangun sejak 1997 sampai 2008 ini memiliki tinggi 153 meter. Berada di Henan, China, bobot Spring Temple Buddha seberat 1.000 ton dengan 1.100 potongan tembaga.

Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) terlihat seusai proses pemasangan bagian Mahkota Dewa Wisnu di Ungasan, Badung, Bali, Minggu (20/5/2018). Mahkota Dewa Wisnu tersebut merupakan modul ke-529 dari total 754 modul yang terpasang di patung setinggi 121 meter yang ditargetkan selesai dibangun pada Agustus 2018.Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) terlihat seusai proses pemasangan bagian Mahkota Dewa Wisnu di Ungasan, Badung, Bali, Minggu (20/5/2018). Mahkota Dewa Wisnu tersebut merupakan modul ke-529 dari total 754 modul yang terpasang di patung setinggi 121 meter yang ditargetkan selesai dibangun pada Agustus 2018.

2. Garuda Wisnu KencanaGWK bermula dari gagasan Nyoman Nuarta bersama mantan Menteri Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi Joop Ave.

Peletakan batu pertamanya dilaksanakan di kawasan taman kebudayaan di Bukit Ungasan, Jimbaran, pada tahun 1997.

Bakal menjulang setinggi 121 meter, GWK yang terletak di Pulau Dewata ini pembangunannya mencapai 70 persen.

Dihimpun dari Tribunnews.com, material pembangunan patung GWK diimpor dari beberapa negara seperti Jepang, negara-negara Eropa, hingga Amerika Latin.

Laykyun Sekkya BuddhaLaykyun Sekkya Buddha

3. The Laykyun Sekkya BuddhaDengan tinggi 116 meter, patung tersebut terletak di Myanmar. Saat ini, Laykyun masih menjadi patung tertinggi kedua di dunia.

Keunikan Laykyun adalah dengan adanya dua patung, yaitu yang berdiri dan yang berbaring. Hal ini membuat patung tersebut menyedot perhatian pengunjung lokal maupun mancanegara.

Ushiku DaibutsuUshiku Daibutsu

4. Ushiku DaibutsuWajah Amida Nyorai yang besar dan menjulang ini, yang dikenal lebih umum dengan nama Sanskerta-nya Amitabha, adalah patung tertinggi di dunia untuk sementara waktu.

Pembangunan patung yang terletak di Jepang ini berlangsung sejak 1995 hingga 2002. Setelah Laykyun selesai dibangun, Ushiku menjadi patung tertinggi ketiga di dunia.

Patung LibertyPatung Liberty

5. Patung LibertyBerada di New York, Amerika Serikat, patung Liberty memiliki tinggi 93 meter. Filosofi pembangunan patung ini adalah sebagai simbol kebebasan dan demokrasi.

Selesai dibangun pada 1886, pada 1924 Liberty dinobatkan sebagai Monumen Nasional.

The Motherland CallsThe Motherland Calls

6. The Motherland CallsBerdiri setinggi 85 meter, monumen ini merupakan tengara di Rusia. Bentuknya memperlihatkan seorang wanita bersayap yang memegang pedang tinggi-tinggi.

Patung ini dibangun untuk memperingati pengorbanan tentara Soviet dalam Pertempuran Stalingrad pada Perang Dunia Kedua.

Christ the Redeemer Statue di BrazilChrist the Redeemer Statue di Brazil

7. Christ the RedeemerSetinggi 39,6 meter, Christ the Redeemer berada di Rio de Janeiro, Brasil. Selesai dibangun pada 1931, patung tersebut terbuat dari beton bertulang yang dibalut dengan mosaik dari ribuan ubin segitiga.

Patung ini merupakan patung bergaya Art Deco terbesar di dunia dan menjadi tengara Rio de Janeiro yang paling terkenal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here