Pariwisata Wonderful Indonesia Raih Predikat Best Exhibitor 2017 di Berlin

Brand pariwisata Wonderful Indonesia kembali mengukir prestasi dengan meraih predikat The Best Exhibitor 2017 di bursa pariwisata terbesar dunia Internationale Tourismus Borse (ITB) Berlin, Jerman.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dalam keterangan tertulisnya yang diterima Antara di Jakarta, Minggu, menyambut baik penghargaan tersebut yang diumumkan pada 12 Maret 2017 sekitar pukul 02.30 WIB.

“Ini prestasi yang membanggakan. ITB Berlin adalah pameran pariwisata terbesar dunia, diikuti 187 negara, 10.000 exhibitor, 180.000 pengunjung di Messe Berlin. Semua industri pariwisata, tour travel, airlines, cruise, hotel, resort, atraksi, pemerintah, asosiasi kumpul di ITB Berlin. Dan Wonderful Indonesia menunjukkan kelasnya di level dunia,” ujarnya.

Predikat tersebut berhasil diraih Indonesia untuk kedua kali setelah pada 2016, Wonderful Indonesia juga sukses menjadi The Best Exhibitor 2016, mengungguli “Imagine” Korea Selatan yang berada pada posisi kedua, “Incredible” India pada posisi ketiga, disusul Maladewa, Sri Lanka, dan Filipina.

Tahun ini, Wonderful Indonesia unggul di atas “Imagine” Korea Selatan dan “Amazing” Thailand.

Sementara Malaysia berada pada pada posisi ke-10 dari 75 negara dan 1.466 exhibitors yang turut serta dalam acara tersebut.

Keikutsertaan Indonesia dengan sejumlah delegasi dalam acara itu dari tahun ke tahun terbukti mampu membukukan transaksi yang signifikan.

Pada 2015 misalnya tercatat transaksi yang berhasil dibukukan termasuk potensi mencapai Rp4,2 Triliun, sedangkan pada 2016 naik menjadi Rp6,5 triliun. “Target pada 2017 ini Rp 10 triliun,” ujarnya.

Untuk tahun depan, pihaknya menargetkan mampu meraih predikat Best of The Best dan jawara di lima benua.

Tahun ini Indonesia menggelar Paviliun seluas 487 m2 di area bursa yang menghadirkan berbagai penampilan seni termasuk tarian Papua, tarian Bali, tarian adat Betawi, dan tari saman asal Aceh.

Pada ajang itu Indonesia mengangkat tema keberagaman budaya dan kemaritiman yang diharapkan mampu menggambarkan Indonesia secara utuh kepada publik di Eropa.

Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Mancanegara I Gde Pitana mengatakan pada ajang ITB Berlin pihaknya mempromosikan Wonderful Indonesia lebih intens dengan menggandeng para pelaku industri Indonesia.

“Kami membawa delegasi yang terdiri dari 135 agen perjalanan, hotel, dan dinas pariwisata daerah,” katanya.

Dalam bursa pariwisata kelas dunia itu, Indonesia menempati paviliun seluas 487 m2 di Hall 26 A nomor 120 bertingkat dengan konstruksi berbentuk kapal phinisi dan rumah adat Flores, Wae Rebo.

Menurut dia, dua penampilan tersebut menjadi tema Wonderful Indonesia yang ingin diangkat dalam ajang ITB Berlin tahun ini yakni Maritime and Cultural Diversity.

“Beberapa yang kami tampilkan di paviliun Indonesia selain pertunjukan seni di antaranya mixologist bar dan virtual reality di stand 123, sedangkan spa Indonesia dibuka di stand 116,” katanya.

Selain itu pihaknya juga mempromosikan Wonderful Indonesia dengan menawarkan kopi dan henna Indonesia.

“Jadi tema maritim dan keragaman budaya dari pariwisata Indonesia diintegrasikan ke dalam desain stand untuk ITB 2017,” katanya.

Pitana berharap melalui keikutsertaan dalam ITB Berlin, brand pariwisata Wonderful Indonesia semakin dikenal sehingga lebih banyak wisatawan mancanegara (wisman) berkunjung ke Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here