PARARA 2017 Jembatani Komunitas Lokal Menuju Pasar Dunia

Diskusi menyambut Festival Panen Raya Nusantara (PARARA) 2017 di Cikini

Sebanyak 87 komunitas local dari seluruh nusantara akan memamerkan produk kreatif, hasil tani serta pangan lokal dalam Festival Panen Raya Nusantara (PARARA) 2017. Acara yang digelar 13 – 15 Oktober mendatang ini bertujuan untuk mengenalkan produk serta membuka kesempatan bagi para komunitas lokal untuk dilirik pasar nasional dan bahkan internasional.

Ketua Konsorsium PARARA, Jusupta Tarigan mengatakan masyarakat punya pilihan terhadap sumber pangan mereka sendiri dan memiliki kekuatan untuk mengolahnya. “Bagi masyarakat yang telah memiliki kapasitas dan kemampuan tersebut maka Festival PARARA hadir sebagai ruang atau akses untuk memasarkan produk-produk lokal mereka sehingga menambah nilai jual ekonomi dari produk itu sendiri, “ ujar Jusupta.

PARARA juga diharapkan bisa menciptakan rantai distribusi baru yang lebih efisien bagi para komunitas lokal dan pasar nasional sehingga Indonesia di kemudian hari bisa kembali berdaulat dalam ketahanan pangan dan tidak lagi bergantung pada import. Seperti dikatakan Jusupta, semangat PARARA adalah mengajak semua pihak untuk memberikan ruang bagi petani, nelayan, komunitas produsen skala kecil dan mendukung dengan kebijakan dan praktek ekonomi yang lebih adil, ramah lingkungan dan menjaga kearifan lokal.

Salah satu komunitas yang akan bergabung di Festival PARARA 2017 ini antara lain Tilita, dengan produk Tenun Doyo, aksesoris berbahan dasar serat Doyo dari Kutai Barat, Kalimantan Timur. Selain itu festival ini juga akan menyelenggarakan Kompetisi Aeropress dan Ngopi PARARA untuk para pecinta kopi Nusantara, di sini akan diperkenalkan jenis-jenis kopi yang lebih beragam dari berbagai daerah. Jangan lewatkan juga Diskusi dan Coaching Clinic seputar pangan dan industri kreatif lokal, Icip-Icip Dapur Nusantara, Jamuan PARARA, Pameran Foto, Pertunjukan Seni serta Pameran Produk komunitas-komunitas lokal dari seluruh Nusantara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here