Parade Indonesia Raih Penghargaan Paling Kreatif di Australia Day Adelaide

Komunitas Indonesia di Adelaide, Australia Selatan memenangkan penghargaan peserta paling kreatif, atau “Most Creative Award” saat pawai ‘Australia Day’ (26/01).

Dalam perayaan ‘Australia Day’, 65 warga Indonesia berada diantara 3.500 orang dari komunitas negara-negara lainnya yang ikut berpartisipasi dalam pawai yang digelar di pusat kota Adelaide.

Sambil membawa spanduk bertuliskan “Bhinneka Tunggal Ika”, komunitas Indonesia menggunakan pakaian adat dari sejumlah provinsi dengan diiringi alat musik rebana. Bahkan ondel-ondel ikut terlihat dalam pawai tersebut.

Julie Luqman, koordinator kelompok Indonesia di pawai tersebut mengatakan terkejut saat mendengar mereka menang.

AUSTRALIA PARADE - TENGAH

Julie (kedua dari kanan) tidak menyangka kelompok Indonesia akan menang penghargaan. (Foto: supplied)

Kemenangan pertama dari komunitas Indonesia di Adelaide dalam pawai ‘Australia Day’ membangkitkan semangat Julie untuk memenangkan kategori lainnya tahun depan.

“[Saya harap] kita bisa lebih kreatif lagi supaya bisa memenangkan ‘Best Costume’ [kostum terbaik] atau ‘Judge Favorite’ [favorit juri].”

Menurutnya, kemenangan ini sangatlah berarti karena bisa semakin meningkatkan citra Indonesia di dunia international.

“Kita menang seperti ini [sudah] mengharumkan nama Indonesia,” kata Julie kepada Natasya Salim dari ABC News.

“Komunitas [Indonesia] di sini [Australia] bisa mendapatkan sebuah penghargaan, sehingga keunikan dan kebaikan Indonesia bisa semakin dikenal dunia.”

Di Melbourne, komunitas Indonesia juga ikut ambil bagian dalam pawai yang digelar sepanjang Swanston Street, tarian dari Papua menjadi salah satu yang ditampilkan dalam pawai tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here