Papeda, Kuliner Khas Indonesia Timur

Papeda, makanan khas kawasan Indonesia Timur

Indonesia dikenal kaya akan rempah, dan juga dikenal banyak keaneka ragaman kuliner, salah satunya makanan khas kawasan Indonesia timur, Papeda adalah makanan yang berbahan dasar sagu. Papeda adalah makanan khas daerah timur Indonesia, Papeda merupakan salah satu makanan khas di Papua yang terbuat dari Sagu. Membuat Papeda ini nampaknya sudah merupakan tradisi turun temurun masyarakat disana.

Dari yang berhasil kabarrantau.com rangkum Papeda sendiri memiliki tekstur lengket, warnanya putih pucat dan agak sedikit pekat. Meskipun begitu, manfaat dari papeda sangat baik bagi kesehatan jika dibandingkan dengan nasi. Papeda juga sangat cocok buat Anda yang sedeng diet. Di daerah timur, papeda dijadikan hidangan pengganti nasi. Papeda sebenarnya adalah bubur sagu. Karena terbuat dari tepung sagu yang dilarutkan ke dalam sedikit air kemudian diberi air panas mendidih. Selama proses penuangan air panas, papeda harus terus diaduk hingga mengental. Hal ini dilakukan agar tekstur dari papeda memjadi lebih lembut. Setelah mengental, papeda siap untuk disajikan.

Papeda biasanya disajikan bersama dengan ikan kuah pala banda atau dengan ikan kuah kuning. Cara penyajiannya cukup unik. Papeda tidak bisa diambil menggunakan sendok (bisa menggunakan sendok, namun akan sulit untuk menyendoknya). Hal ini disebabkan karena, papeda memiliki tekstur yang lengket. Papeda diambil dengan cara dipilin menggunakan alat yang bentuknya seperti sumpit kayu. Perpaduan papeda dan ikan kuah pala banda membuat rasa ingin tambah lagi dan lagi. Kalau berkunjung ke Maluku atau papua Anda wajib mencoba papeda ini.

Bagi teman-teman yang suatu saat nanti berkesempatan berkunjung ke Maluku atau kawasan Indonesia Timur lainnya, tidak ada salahnya jika mencoba makanan berbahan dasar Sagu ini. karena di Papua hampir semua rumah makan dan restoran-restoran lainnya sudah mempunyai menu khusus yang menyajikan Papeda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here