Pantai Tambakasri, Pantai Tersembunyi dan Alami di Malang

Kota Malang tepatnya Kabupaten Malang atau yang terkenal dengan Malang Selatan, wilayah di bagian selatan ini memiliki berbagai macam tempat wisata terutama wisata pantai,  pantai-pantai yang berada di Malang memiliki keindahan yang tidak kalah indah dengan pantai-pantai yang  berada di daerah lain.

Salah satu Objek wisata pantai yang jarang di kunjungi wisatawan dan terpencil adalah Pantai Tambakasri. Pantai Tambakasri merupakan destinasi wisata baru yang ada di Malang Selatan, pantai yang masih asri ini belum banyak dikenal bahkan pantai ini belum banyak terdengar di masyarakat Malang sendiri, dan membuat banyak wisatawan yang penasaran dengan pantai ini.

Sebagian menyebut pantai ini dengan sebutan Pantai Sidoasri karena letaknya di Desa Sidoasri atau juga menyebut Pantai Tambakasri karea dulunya terletak di Desa Tambakasri karena dahulu terjadi pemekaran wilayah, menurut masyarakat setempat nama Pantai Perawan diperkenalkan oleh sejumlah mahasiswa dari Unmer yang saat datang melihat keperawanan pantai ini.

Dilansir travelmalang, Pantai Tambakasri sangat unik menyerupai teluk kecil seperti huruf “U”. Di kanan kiri pantai tampak di penuhi pepohonan yang rimbun, pantai sangat bersih dan nyaman ini membuat wisatawan jatuh hati dengan suasana seperti ini, suara yang terdengar di pantai ini hanyalah deburan ombak yang menghantam pasir di daratan dan batu karang, dan suara burung-burung penghuni hutan di area Pantai Tambakasri.

Pasir yang putih yang panjangnya mencapai sekitar 1 KM tampak lembut dan bersih yang mampu memanjakan mata anda, selain terkenal pasirnya yang lembut dan bersih pantai ini juga dikelilingi perbukitan sapanjang pantai, menurut masyarakat pantai ini juga sebagai tempat bertelurnya penyu, dan pada waktu tertentu anda dapat melihat penyu-penyu bertelur, jika anda beruntung anda akan di jumpai lumba-lumba yang melewati pantai ini.

Terdapat juga batu karang yang besar yang melindungi pantai dari ganasnya pantai selatan, masyarakat menyebut batu karang ini dengan nama pulau Yangke, selain itu setiap harinya hanya nelayan terlihat berlalu-lalang mencari ikan, bahkan pada saat liburan pantai ini hanya terlihat beberapa orang saja yang menikmati pantai Tambakasri, pantai ini sangat cocok untuk jiwa petualang dan juga tersedia tempat camping jika anda ingin menginap di Pantai Tambakasri.

Untuk menuju Pantai Tambakasri ada dua rate yang rute pertama dari Malang kota-Gadang-Bululawang-Turen-Sumbermanjing Wetan-Kedungbanteng-Sidoasri. Untuk rute ini banyaklah bertanya di pada penduduk sekitar, sebab  jalan menuju Pantai Tambakasri dari Desa Sidoasri lumayan jauh dan jalannya sepi dan menanjak membuat kami binggung, jadi banyak-banyak bertanyalah kepada masyarakat sekitar.

Untuk rute kedua lewat Dampit jika dari Malang Kota-Gadang-Bululawang-Turen-Dampit-Sukodono-Sidoasri. Untuk jalur kedua ini cukup memangkas waktu dengan waktu normal sekitar 2,5-3 jam perjalanan, disarankan jika anda pergi kepantai ini menggunakan motor saja agar bisa lebih cepat, kalau menggunakan mobil akan memakan waktu lama dengan jalan sepit dan naik gunung, dan motor harus dengan kondisi yang baik untuk melewati jalan yang cukup berat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here