Pantai Santai di Daerah Ambon, Destinasi Wisata Favorit Warga di Timur Indonesia

Indonesia yang memiliki garis pantai sepanjang lebih dari 99 ribu kilometer ini memang memiliki ratusan pantai dengan panorama yang menawan. salah satunya bbjek wisata Pantai Santai, Namalatu, dan Pintu Kota di Desa Latuhalat, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon,

Seperti dilansir Antara, Pantai Santai, Namalatu, dan Pintu Kota, ramai dipadati pengunjung. Mereka datang untuk menikmati udara sejuk sambil berenang dan menikmati jajanan terutama rujak dan sari buah kelapa muda.

“Umumnya wisatawan datang Sejak pagi pukul,9.30 WIT hingga siang pukul,13.30 WIT di Santai Beach sesuai dengan karcis yang terjual sebanyak 500 orang dewasa tidak termasuk anak-anak, dan diperkirakan hingga sore hari pukul, 16.00 WIT pada saat air laut mulai pasang diperkirakan mencapai 800 hingga 900 orang pengunjung,” kata petugas pintu masuk objek wisata setempat, Richard Lopis.

Menurut Richard, masa liburan awal tahun 2017 cukup banyak pengunjung bila dibandingkan dengan liburan lebaran Juli 2016.

“Bayangkan saja hari pertama (1 Januari) yang memang kebetulan bertepatan dengan tahun baru, jumlah pengunjung dari pagi hingga pukul 16.00 WIT mencapai 500 orang dewasa,” ujarnya.

Satu hal yang paling menarik bagi para pengunjung adalah karena kendaraan, baik roda dua maupun roda empat tidak dipungut biaya, sedangkan karcis diberlakukan Rp4.000 per orang.

Hasil pantauan di Pantai Namalatu juga cukup banyak pengunjung, diperkirakan bisa mencapai 250 orang yang datang sejak pagi hari.

Petugas pintu masuk Pantai Namalatu, Stevi Latuhihing, tak merinci jumlah pasti pengunjung yang berwisata.

“Kami diberikan peringatan oleh Kepala Dinas Pariwisata Privinsi Maluku untuk tidak membocorkan jumlah pengunjung yang datang ke Namalatu sebab itu menjadi rahasia Dinas Pariwisata, jadi saya tidak bisa memberikan jumlah pengunjung yang datang hari ini maupun hari kemarin,” ujarnya.

Seorang pengunjung, Robert, mempertanyakan data pengunjung yang dirahasiakan Dinas Pariwisata. Menurutnya, hal ini tidak bisa dibenarkan.

“Tarif masuk di wisata Pantai Namalatu saat ini naik menjadi Rp4.000 per orang, dibanding tahun 2014 sebesar Rp3.000 per orang,” kata Robert.

Kenaikan itu mempertimbangkan kontribusi bagi Pemerintah Kota Ambon Rp2.500 dan untuk desa Rp1.500, sedangkan karcis untuk mobil Rp5.000 per unit dan sepeda motor Rp3.000 per unit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here