Pantai Kamali, Pantai Eksotis Ikon Kota Bau-Bau

Pantai Kamali, Menjadi Icon Kota Bau-Bau

Kota Baubau yang terletak di Provinsi Sulawesi Tenggara, terdapat nama Pantai Kamali yang menjai ikon kota Bau-bau, Pantai Kamali merupakan tempat favorit bagi masyarakat Kota Baubau untuk berkumpul dan bersenda gerau bersama orang orang terdekat. Di sekitar area pantai, terdapat patung naga dengan ukuran yang cukup besar yang juga menjadi ikon dari Kota Baubau.

Pantai Kamali terletak dipusat Kota Baubau sekitar 100 meter dari Pelabuhan Murhum Baubau. Pantai yang berada di Kelurahan Wale Kecamatan Wolio ini memiliki daya tarik yang tidak pernah sepi oleh pengunjung baik wisatawan maupun pedagang setiap harinya. Keberadaanya tepat di depan Kamali Baubau yang biasa disebut Istana Ilmiah atau Kampus Lama.

Area di Pantai Kamali dibagi menjadi tiga area utama. Area di wilayah barat pantai ditujukan sebagai tempat parkir bagi kendaraan dari para pengunjung pantai. Area ini juga didominasi oleh para pedagang kaki lima yang menjajakan berbagai macam dagangan. Di wilayah timur pantai, terdapat area yang dimanfaatkan oleh para pedagang yang berdagang di malam hari. Area tengah pantai terdapat ikon dari Kota Baubau yaitu patung naga yang merepresentasikan kekuatan, kejayaan, dan kegigihan dari Kerajaan Buton dahulu. Area di tengah pantai ini dapat dikatakan sebagai pusat dari seluruh area di Pantai Kamali. Di area tengah Pantai Kamali ini, para pengunjung dapat bersantai dengan menikmati berbagai macam hidangan dan minuman yang dijajakan para penjual termasuk diantaranya adalah Saraba, minuman yang terbuat dari jahe yang mirip dengan wedang dan bandrek di daerah Jawa.

Tak jauh di sebelah kanan Pantai Kamali berada, terdapat pelabuhan Murhum, yang merupakan pelabuhan penumpang yang kerap di singgahi kapal-kapal milik PT. PELNI. Alun-alun ini juga berada tak jauh dari pelabuhan rakyat ‘Jembatan Batu’ yang merupakan pelabuhan barang. Berada di pinggir pantai dan berdekatan dengan kedua pelabuhan tersebut manjadikan Pantai Kamali memiliki view yang menarik sekaligus mempesona.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here