Seniman Indonesia Gelar Pameran Lukisan Indonesia di Hotel BENCZUR Budapest

PavilionsixArt Gallery Budapest berkolaborasi dengan FMG (Youth Artists Budapest) kembali menggelar pameran lukisan solo menampilkan 31 karya lukisan terbaru dari 18 perupa Indonesia berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Pameran ini dibuka oleh chief kurator Mr. Peter Bezi pada tg 9 Oktober 2019 dan dijadwalkan akan berlangsung selama sebulan lamanya di Hotel Benczur, H-1068 Benczur u.35 Budapest.

Hadir para perupa setempat, korps diplomatik di Budapest, puluhan anggota group SAS Roma legion, masyarakat Indonesia di Budapest dan para undangan lainnya. Pada malam pembukaan Mr. Nagy János, Commander Romai Sas Rend Legio Budapest berkenan memberikan sambutannya. Pameran juga dimeriahkan dengan hiburan musik dari duo gitaris Patricio Baeza Barrera dari Chile dan Gabor dari Hungaria yang disambung dengan pembacaan puisi oleh Ms Franciska Fabian, dilanjutkan dengan suguhan kue dan wine Hungaria.

Dalam keterangan pers yang diterima kabarrantau.com, Pada kesempatan tersebut Kurator Peter Bezi menyampaikan bahwa grup artis milenial FMG merasa bangga dapat menampilkan lukisan karya perupa Indonesia sehingga khalayak dapat melihat langsung karya berkualitas tersebut yang sesuai dengan nama perupa terkenal dari berbagai daerah di Indonesia. Events seperti ini agar semakin sering diselenggarakan. Sejauh ini FMG telah menyelenggarakan pameran ini berkolaborasi dengan Pavilionsix – Malang/Budapest untuk ke-empat kalinya. Adapun karya terbaru 2019 yang tampil dari perupa :
1. Fadjar Djunaedi-Batu
2. Slamet Hendrokusumo-Batu
3. Srisrinaryo-Bali
4. Koeboe Sarawan-Batu
5. Yosa Batu-Malang
6. Hendung Tunggal Djati-Batu
7. Eddy Dewa-Blitar
8. Widji Paminto Rahayu-Tulung Agung
9. A Yunus-Batu
10. Syalabi-Jogja
11. Maharani-Malang
12. Moelpony-Batu
13. Agung-Lawang
14. Alianos-Prague(Czech)
15. Harypoer-Batu
16. Munir Kahar (USA)
17. Watoni-Batu
18. Ali Mtd-Surabaya.

Menurut Maharani yang juga pemilik galeria Pavilionsix Budapest disebutkan bahwa salah satu penguat karakter bangsa adalah melestarikan salah satu seni yang diwujudkan dalam seni rupa dengan tema dan nafas Timur yang diusung sebagai identitas bangsa. Berbaur dan menambah wacana berbudaya antar bangsa. Kebebasan perupa Indonesia mengeksplorasi teknik, media, ide, gagasan dan kekhasan personal dalam seni lukis sebagai penguat identitas kultural di era milenial.

Pada akhir pameran pengunjung menikmati karya tersebut sambil beramah tamah dan saling bertukar pengalaman diantara perupa yang hadir. Tak lupa kami ucapkan terimakasih atas dukungan dan perhatian staf KBRI Budapest yang berkesempatan hadir.
Pavilionsix Art Gallery terakhir tampil dalam pameran Internasional di VarMezo Galeria, Budapest, Hungaria, 14 September-28 September 2019. Pameran tersebut selain diikuti oleh satu-satunya perupa asal Indonesia juga menyertakan para pelukis dari delapan negara antara lain Finlandia, Prancis, Jerman, Austria, Hungaria, Jepang dan Italia dan Indonesia. Pameran internasional ini menampilkan 64 lukisan dari 49 pelukis yang berasal dari delapan negara, salah satunya dari Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here