Paduan Suara Mahasiswa Undip Dulang Prestasi di Eropa

PSM Undip raih emas dari dua kompetisi yang mereka jalani di Eropa (foto : PSM Undip)

Prestasi Paduan Suara Mahasiswa Universitas Diponegoro dalam mengikuti berbagai kompetisi di Eropa berbuah manis. Mereka mendulang banyak prestasi dari dua negara, yaitu Spanyol dan Republik Ceko dalam berbagai kategori lomba yang mereka ikuti. sebanyak 38 penyanyi berhasil mengharumkan nama Indonesia., paduan suara Mahasiswa Undip ini dipimpin oleh Jefry F Bode pelatih dan pengaba dari PSM Undip

Dalam kompetisi di Spanyol, PSM Undip mengikuti kompetisi “5th Canta Al Mar – Festival Coral Internasional 2016” pda tanggal 19-23 Oktober 2016. Mereka bertanding melawan 49 paduan suara dari 24 negara seperti Italia, Republik Ceko, Jerman, Austria, Swedia, dan Denmark dalam 3 kategori. PSM Undip akhirnya pulang dengan menjadi juara pertama dari kategori Mixed Choir Level 1 dan kategori Sacred Acapella Level 1. Sedang untuk Folklore Category, PSM Undip memperoleh medali emas di posisi ketiga

Setelah mengikuti kompetisi paduan suara di Spanyol, tim ini langsung berangkat ke Praha, ibukota Republik Ceko untuk mengikuti kompetisi kedua “30th Praga Cantat”. Pada kompetisi ini PSM Undip mengikuti kategori Folklore dan Mix Choir pada tanggal 28 Oktober 2016. Perjuangan mereka tidak sia-sia, Gold Band dari Mixed Choir serta Winner of Category dari Folklore dapat mereka bawa pulang ke Indonesia.

Akhirnya setelah berlaga kembali pada kategori Grand Prix untuk memperebutkan juara umum, PSM Undip berhasil menjadi Grand Prix Winner dan keluar sebagai pemenang “30th Praga Cantat” tahun 2016. Berbagai penghargaan lainnya juga mereka dapatkan seperti Special Award for The Choreography dan Special Prize for Outstanding Conductor yang diberikan untuk Jefry F Bode.

sementara itu Jefry sang pelatih mengatakan bahwa kemenangan yang diraih merupakan sebuah berkat yang luar biasa, dan hasil dari usaha semua anggota kontingen PSM Undip. Ia menceritakan juga beberapa lagu yang dibawakan untuk berlaga di Eropa, antara lain Bungong Jeumpa dari Aceh, Soleram dari Riau, dan Ahtoi Porosh dari Kalimantan, dan kedepannya ajang demikian akan rutin ikut serta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here