Nusa Penida, Tempat Wisata Backpacker Terbaik di Dunia Tahun 2020

Platform pemesanan hostel online yang berbasis di Irlandia, Hostelworld, beberapa waktu lalu telah mengeluarkan daftar World’s Top 20 Backpacking Destination 2020 yang terdiri atas 20 destinasi wisata unggulan dari seluruh dunia.

Yang membanggakan, dua destinasi wisata di Indonesia menduduki posisi ke-1 dan ke-5 dalam urutan 10 besar. Yang berada di urutan pertama adalah Nusa Penida, lalu yang ke-5 adalah Kuta Lombok.

Nusa Penida, menjadi yang paling banyak dipilih oleh para peransel (backpacker) soal kenyamanan kunjungan. Terletak di sebelah tenggara Bali yang dipisahkan oleh Selat Badung, Nusa Penida memiliki panorama alam pulau tropis dengan hutan hujan dan terumbu karang yang sangat memesona.

Pesona utama pulau ini terletak pada Pantai Kelingking yang berbentuk mirip dengan punggung hewan purba, Tyrannosaurus Rex. Dalam catatan Hostelworld, terjadi peningkatan pemesanan akomodasi ke Nusa Penida sebanyak 610 persen wisatawan dari Eropa dalam kurun setahun terakhir.

Jika melihat semua tempat yang masuk dalam daftar itu, berikut 20 daftarnya:

  1. Nusa Penida (Indonesia),
  2. Surat Thani (Thailand),
  3. Pulau Siargao (Filipina),
  4. Ha Giang (Vietnam),
  5. Kuta Lombok (Indonesia),
  6. Pong Nha (Vietnam),
  7. Amman (Yordania),
  8. Danau Tekapo (Selandia Baru),
  9. Ibiza (Spanyol),
  10. Ninh Binh (Vietnam),
  11. Coron (Filipina),
  12. Faro (Portugal),
  13. Yosemite (Amerika Serikat),
  14. Beirut (Libanon),
  15. Fukuoka (Jepang),
  16. Lagos (Portugal),
  17. Gunung Fuji (Jepang),
  18. Ha Long (Vietnam),
  19. Cornwall (Inggris), dan
  20. Quy Nhon (Vietnam).

Kata pelancong, Nusa Penida punya kekuatan ”magis”

Gapura Bali menggambarkan, bahwa tak ada kepuasan jika pelancong berkunjung ke sana, selalu ingin kembali dan kembali lagi karena pesona pulaunya. Bahkan, mereka menyebut pulau itu punya kekuatan ”magis” yang membuat para turis selalu ingin balik lagi.

Di sana, para turis bisa menghadiri upacara doa di gua suci di atas gunung, menikmati rumah pohon yang menjadi tempat terindah untuk melihat pemandangan, hingga berenang di pantainya yang ditemani dengan pari manta raksasa.

Sambil menikmati matahari terbenam, para turis juga bisa menyantap makanan khas Bali yang tersdia di warung-warung dengan harga yang sangat terjangkau. Itulah alasan, mengapa turis backpacker betah berlama-lama di pulau itu.

itu.

Secara administratif, Nusa Penida masuk dalam wilayah Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali. Perbukitan dan kapur karang merupakan kondisi tanah di pulau ini, salah satunya gunung bukit tertinggi yang bernama Gunung Mundi.

Desa-desa pesisir Nusa Penida berada di sepanjang pantai bagian utara pulau yang berupa lahan datar dengan ketinggian lahan sekira 268 mdpl. Pulau ini memiliki populasi 46.749 jiwa (8.543 KK) pada sensus 2010, yang mendiami pulau seluas 202,8 km persegi ini. Selama satu dekade terakhir, Nusa Penida pun sudah banyak perubahan soal infrastruktur wisata.

Umumnya, para pelancong yang datang ke pulau itu mengincar pusat destinasi wisata yang berada di bagian barat pulau, seperti Pantai Kelingking dan Pantai Broken. Berikut lokasi lengkapnya:

Sebelah selatan pulau:

  • Tebing Banah,
  • Pantai Tembeling,
  • Hutan Tropis, dan
  • Air Terjun Segaring,

Sebelah barat pulau:

  • Pantai Broken,
  • Angel Billabong,
  • Pohon Cinta,
  • Paluang Cliff,
  • Ayunan Kelingking,
  • Pantai Kelingking,
  • Tebing Palungan, dan
  • Teluk Crystal.

Sebelah timur pulau:

  • Pantai Atuh,
  • Pantai Suwehan,
  • Bukit Teletubbies Nusa Penida,
  • Goa Giri Putri, dan
  • Vihara Dewi Kwan Im.

Bali masuk daftar destinasi wisata terbaik di dunia 2020

Bali

info gambar

Kabar baik lainnya datang dari Trip Advisor, situs untuk merancang dan memesan perjalanan yang berbasis di Amerika Serikat. Ada sebanyak 25 destinasi di dunia masuk dalam penghargaan destinasi teropuler atau terbaik di Dunia Tahun 2020.

Setiap tahunnya, Trip Advisor merangkum seluruh ulasan, peringkat, dan destinasi apa saja yang paling sering disimpan dan dibagikan oleh para pelancong di seluruh dunia. Seluruh informasi yang didapat itu digunakan untuk melihat lokasi terbaik untuk diumumkan melalui penghargaan Travelers’ Choice Best of the Best.

Dalam penghargaan tersebut, destinasi yang terpilih umumnya memiliki keunikan dan pilihan tempat wisata menarik yang ditawarkan kepada pelancong. Dan, Bali berhasil menyabet peringkat ke-4 dalam penghargaan Destinasi Populer di Dunia 2020 karena dianggap seperti sebuah pulau fantasi.

Saat berkunjung ke sana, pelancong bisa menikmati sinar matahari sambil berjalan-jalan menyusuri pasir putih pantai, atau menjelajah hutan yang masih asri untuk melihat monyet liar. Pelancong juga bisa mengunjungi Ubud, jika ingin menikmati pertunjukan tari tradisional, mengikuti kelas pembuatan batik, atau mengikuti kelas yoga, serta mendatangi Pura Luhur Batukaru.

Nah, dari 25 destinasi wisata terbaik di dunia pada tahun 2020 versi Trip Advisor, berikut 10 urutan teratas:

  1. London (Inggris),
  2. Paris (Prancis),
  3. Kreta (Yunani),
  4. Bali (Indonesia),
  5. Roma (Italia),
  6. Phuket (Thailand),
  7. Sisilia (Italia),
  8. Mallorca (Spanyol),
  9. Barcelona (Spanyol), dan
  10. Istanbul (Turki).

Apresiasi Menparekraf

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio menyambut baik penghargaan-penghargaan itu. Dalam siaran pers, Minggu (2/8/2020), Menparekraf berharap prestasi tersebut semakin memotivasi Indonesia untuk bisa menumbuhkan beberapa Bali baru.

Ia juga berharap, Bali terus bebenah untuk dapat mendorong dan meningkatkan pariwisata lokal yang semakin ramah dan berkelanjutan. Terlebih selama ini Bali sudah dikenal di dunia, sebagai destinasi wisata alam dan budaya yang dikagumi oleh pelancong lokal maupun mancanegara.

Sejak 31 Juli 2020, Bali sudah membuka kembali objek wisatanya untuk wisatawan domestik, sementara untuk turis asing baru diperkenankan pada awal September lalu.

“Diharapkan setelah dibuka, penerapan protokol kesehatan dapat tetap dijalankan dengan disiplin,” pesan Wishnutama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here