Novel Baswedan Terima Penghargaan Anti Korupsi Internasional

Novel Baswedan, penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menerima penghargaan antikorupsi internasional yang diberikan oleh Perdana International Anti-Corruption Champion Foundation (PIACCF) di Malaysia, Selasa 11 Februari kemarin. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Perdana Menteri Malaysia Tun Dr Mahathir Mohamad di Putrajaya, Malaysia kepada Novel Baswedan yang merupakan bentuk dukungan dan penghormatan bagi pihak-pihak yang berjuang melawan praktik korupsi baik di Indonesia, Malaysia maupun di seluruh dunia.

Selain menganugerahkan penghargaan kepada pihak-pihak yang berjuang melawan korupsi, dalam acara tersebut juga dilakukan peluncuran Perdana International Anti-Corruption Champion Foundation (PIACCF). Dilansir Antaranews, Organisasi tersebut dibentuk dengan tujuan mendukung pegawai lembaga anti korupsi yang menjadi target atau yang terancam jiwa, keselamatan atau kehormatannya karena memiliki komitmen yang tinggi dalam penyidikan dan pemberantasan tindak pidana korupsi. Pembentukan lembaga dana internasional ini sejalan dengan apa yang dinyatakan dalam Konvensi PBB Menentang Korupsi (UNCAC), yaitu untuk memberikan perlindungan kepada pejabat anti-korupsi yang merupakan anggota dari Asosiasi Internasional Otoritas Anti-Korupsi (IAACA).

Penyerahan penghargaan kepada Novel Baswedan | Foto : headtopics

Novel Baswedan pun memberikan tanggapan yang positif dan mengucapkan terimakasih selepas menerima penghargaan tersebut. menurut Novel Baswedan, penghargaan tersebut bukan untuk dirinya semata, namun juga bagi semua orang yang berjuang dan berkomitmen untuk memberantas korupsi. Atas dukungan dari berbagai pihak, Novel Baswedan berharap akan muncul kekuatanbaru bagi semua orang untuk berjuang bersama memberantas korupsi.

Apresiasi atas penghargaan tersebut pun dinyatakan oleh KPK yang mengucapkan terima kasih atas bentuk dukungan dan penghormatan terhadap semua pihak yg memilih jalan untuk berjuang memberantas korupsi. Hal tersebut dikarenaka upaya pemberantasan korupsi bukan hanya permasalahan masing-masing negara saja, tetapi juga merupakan masalah bersama masyarakat dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here