Nasi Pecel Yang Kaya Akan Sayuran

pecel

Indonesia memiliki keaneka ragaman kuliner, berbagai makanan tradisional yang kaya akan rempah berhasil mendunia dan dapat meningkatkan potensi budaya lokal, salah satu kuliner yang di kenal dengan beragam sayuran yakni pecel, Pecel sering dijuluki sebagai salad lokal asli Indonesia. Alasannya, pecel juga terdiri atas berbagai macam sayuran. Meski jelas berbeda karna salad menggunakan sayuran mentah yang dicamput mayones, tetap saja banyak yang menjuluki pecel sebagai salad lokal Indonesia

Pecel merupakan makanan yang terdiri dari sayur yang direbus dan lauk yang dihidangkan dengan alas yang berbeda seperti piring lidi yang disebut ingke, pincuk, atau tampah bambu sesuai ciri khas kota asal pecel. Sayuran yang dihidangkan antara lain kacang panjang, taoge, mentimun, daun singkong, dan daun kemangi. Bumbu sambal kacang yang disiramkan di atas pecel disebut sambal pecel yang terbuat dari campuran kencur, gula merah, garam, cabai, combrang, daun jeruk purut, dan kacang tanah sangrai yang dicampur, ditumbuk, atau diulek. Selain itu, ada pula yang menambahkan daun bawang putih dan asam jawa ke dalam campuran air hangat untuk mencairkan sambal pecel. Kebanyakan daerah di jawa memiliki variasi pecelnya masing-masing.

Pecel makanan ini juga mirip dengan gado-gado namun yang membedakan dengan campuran bahan dan tekstur bumbunya, Kuliner yang terkenal dengan sambal kacangnya ini diperkirakan berasal dari Madiun, Jawa Timur. Itulah sebabnya kenapa Pecel Madiun sangat terkenal di Indonesia.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here