Muhammad Urfan Taufik Raih Juara Public Speaking Competition

Muhammad Urfan Taufik, Jawara Public Speaking Competition

Sosok Muhammad Urfan Taufik, mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni UNY patut di acungi jempol, pasalnya telah berhasil meraih juara 1 Public Speaking Competition dalam lomba National University Debating Championship (NUDC) ke-10. NUDC ke-10 ini digelar di Universitas PGRI Semarang, 3- 8 September 2017.

Dilansir Edupst.id, NUDC merupakan lomba debat yang diselenggarakan setiap tahun oleh Kementerian Riset, Tekhnologi, dan Pendidikan Tinggi. Lomba ini diikuti lebih dari 110 Perguruan Tinggi se-Indonesia, yang merupakan tim terbaik perwakilan dari 14 Kopertis di Indonesia.

Sebelum melaju ke tingkat nasional, Urfan sebelumnya terlebih dahulu sukses mengantarkan tim UNY mendapatkan peringkat ke-2, dalam lomba NUDC Kopertis V Yogyakarta pada 22-24 Mei 2017 di Hotel Giya Persada, Kaliurang. Atas hasil ini, UNY mewakili Kopertis V dalam lomba NUDC ke-10 di Universitas PGRI Semarang.

Dalam primary round (babak penyisihan) NUDC, Tim UNY hanya berhasil meraih peringkat ke-35, sehingga tidak dapat melanjutkan ke babak okto final. Namun, tim yang tidak berhasil melaju ke babak okto final berhak mengikuti perlombaan Public speaking dan Essay Writing.

Urfan selanjutnya mengikuti perlombaan public speaking dan berhasil lolos dalam primary round. Setelah lolos pada tahap primary round, Urfan melaju ke babak final dan berhasil mendapatkan juara 1 kategori public speaking.

Kesuksesannya dalam lomba debat ini ternyata tidak lepas dari aktivitasnya di UNY. Urfan aktif dalam English debating Society (EDS), UKM SAFEL UNY sejak 2014, dan sekarang menjabat sebagai ketua EDS. Urfan juga memiliki kesibukan sebagai tutor Bahasa Indonesia di salah satu lembaga kursus di Yogyakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here