Miris, Pendidikan Indonesia Berada di Peringkat ke 57 dari 65 Negara Dunia

sangat Miris tingkat pendidikan warga indonesia berada di peringkat 57 dunia, Peringkat pendidikan dunia atau World Education Ranking yang diterbitkan Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) menentukan, di posisi mana suatu negara maju dalam segi pendidikan, dan peringkat tersebut menentukan negara mana yang terbaik dari segi membaca, matematika, dan ilmu pengetahuan. Seperti yang dilansir The Guardian, Indonesia menempati urutan ke 57 dari total 65 negara.

Menurut data laporan OECD, Inggris posisinya digantikan Polandia dan Norwegia. Sementara untuk Indonesia mendapatkan nilai membaca 402, matematika 371, dan ilmu pengetahuan alam 383. Peringkat pendidikan dunia tersebut berkaitan dengan Program for International Student Assessment (Pisa).

dikutip dari laman, edupost.id, Pisa merupakan program yang dihormati di seluruh dunia, dan memungkinkan politisi dan pembuat kebijakan untuk menilai perbedaan sistem pendidikan di berbagai negara.

sementara itu negara Inggris berada di peringkat 25 untuk membaca, 28 untuk matematika, dan 16 untuk ilmu pengetahuan. Pada tahun 2006, ketika 57 negara dilibatkan dalam penelitian tersebut, Inggris menempati peringkat ke 17, 24 dan 14. Polandia lebih maju dibanding Inggris dalam bidang matematika, sementara Norwegia memiliki peringkat lebih tinggi dalam membaca dan matematika.

menurut Andreas Shleicher, Kepala Program Pisa mengatakan, gambar peringkat untuk Inggris dengan ungkapan “tenggelam”. “Banyak negara-negara lain telah melihat peningkatan yang cukup signifikan,” tambahnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here