Mini Gallery dan Art Space Pelukis Malang di Hungary

Oleh

Maharani

Dalam kunjungan saya ke Budapest, Hungary pada akhir April 2018, saya menemukan sebuah distrik di Budapest dan melihat peluang dua ruangan seluas 30 M2 di sebuah rumah yang dapat dijadikan sebuah sebuah mini art gallery atau art space untuk puluhan lukisan karya yang saya bawa dari Malang.

Segera dalam waktu seminggu kami sulap ruangan tersebut menjadi art space idaman yang dapat dilihat di bawah ini.

Sebelum gallery terwujud, saya berkenalan dengan komunitas seniman yang tergabung di FMM yaitu perkumpulan perupa yang mayoritas adalah pelukis lokal. Beberapa pelukis di Hungary bersedia mengadakan pameran bersama, sehingga semakin memotivasi saya untuk segera membuat gallery kecil untuk menampung dan mendisplay lukisan-lukisan.

Saya mengunjungi beberapa museum lukisan termasuk National Gallery di Castle distric yang paling besar dan Art of Hall Museum (Mu Csarnok) yang terletak di Heroes Square. Selain itu saya berkenalan dengan kurator dan direktur museum-museum di Budapest dan di kota Pecs yang siap membantu mengadakan pameran dan berkolaborasi dengan pelukis-pelukis lokal.

Melihat kondisi perupa di Hungary yang menggeliat, saya berpikir untuk menampilkan nuansa yang berbeda. Waktu yang tepat untuk bergerak menampilkan lukisan asal Timur. Sebagai langkah awal saya memperkenalkan lukisan-lukisan bertema tari topeng kota Malang Jawa Timur tersebut kepada masyarakat Hungary di Budapest.

Mendirikan Gallery adalah sebagai salah satu cara dan tempat untuk mendukung rencana tersebut. Langkah awal saya memulai memasuki pasar Eropa Timur melalui Hungary sebagai pintu gerbang, yang jika dikembangkan selanjutnya akan dapat diwujudkan bukan saja lukisan karya pribadi saya saja, tetapi karya pelukis pelukis dari Malang khususnya dan Jawa Timur umumnya dapat diakomodir dan dibantu memasuki art market di kawasan tersebut. Budapest sebagai titik tolak gallery saya sebagai tempat karya-karya seluruh perupa baik dari Indonesia maupun Hungary tentu melalui kuratorial yang berlaku.

Selanjutnya rencana saya untuk dapat berpameran rutin dan bergilir sehingga terbentuk market untuk menunjang produktifitas dan bisa dijual ke kawasan Eropa Timur dan Balkan Barat yang luas dan terdiri dari puluhan negara.
Dengan adanya gallery ini menjadi semangat untuk memperkenalkan semua cabang kesenian yaitu karya seni lukisan, tari, musik dan lain lainnya dari Malang untuk dapat menjadi jembatan mengikuti events seni dan budaya sepanjang tahun di Eropa Timur dan Barat.

 

Biodata penulis :
Maharani berdomisili di Malang dan saat  ini sedang berkunjung ke Hungary, Maharani juga seorang pelukis dan karyanya ada dalam pameran di Budapest hingga akhir Juli 2018.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here