Menkumham : Baru 16 Jenis Kopi Indonesia Yang Terdaftar Sebagai Indikasi Geografis

Pentingnya mendaftarkan petani kopi daerah agar memiliki indkasi geografis, selain memiliki hak paten atas sumber daya alam tersebut harus dilakukan untuk menghindari klaim dari pihak yang tidak diinginkan. Salah satu caranya adalah dengan memiliki sertifikat Indikasi Geografis (IG) yang dikeluarkan oleh Ditjen Hak Kekayaan Intelektual serta Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

“Saat ini sudah ada 16 kopi Indonesia yang telah mempunyai indikasi geografis sebagai keunggulannya,” ujar Saky Septiono selaku Kasi pemeriksaan substantik IG Ditjen Kekayaan Intelektual Kemenkumham RI nya saat di wawancarai Kabarrantau.com, dalam diskusi panel Indikasi Geografis, di kementrian Pertanian Selasa (14/11/2017). Ke-16 kopi itu adalah Kopi Arabika Gayo, Sumatera Arabika Simalungun Utara, Robusta Lampung, Arabika Java Preanger, Java Arabika Sindoro-Sumbing, Arabika Ijen Raung, dan Arabika Kintamani Bali.

Selanjutnya, kopi Arabika Kalosi Enrekang, Arabika Toraja, Arabika Flores Bajawa, Liberika Tungkal Jambi dan Kopi Robusta Semendo asal Sumatera Selatan, Kopi Liberika Rangsang Meranti, Provinsi Riau, Kopi Arabika Sumatera Mandhailing, Kopi Robusta Empat Lawang, dan Kopi Robusta Temanggung.

Sementara itu Saky juga menambahkan manfaat yang diperoleh jika sudah memiliki sertifikat Indikasi Geografis antara lain mendapat perlindungan atas kopi yang diproduksi, dapat menjamin keaslian produk sehingga dapat meyakinkan konsumen terutama yang berasal dari luar negri karena terhindar dari pemalsuan. Peluang ekspor kopi Indonesia juga mengalami peningkatan yang tentu juga meningkatkan pendapatan dan keuntungan produsen kopi.

“Namun perlu diketahui juga, agar terhindar dari kasus klaim seperti pengusaha Eropa yang mendaftarkan kopi Gayo dan pengusaha Jepang yang menggunakan kopi Toraja sebagai merk dagang mereka, perlu dilakukan sosialisasi kepada petani-petani dan produsen kopi tentang pentingnya memiliki sertifikat Indikasi Geografis kopi”Ujar Saky Septiono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here