Menikmati Penganan Tape Ketan Khas Kota Kuningan

Tape ketan hitam khas kuningan

Tape ketan Kuningan adalah sebuah kisah menarik dunia usaha kuliner makanan khas rakyat di Kota Kuningan Jawa Barat. Jika Anda kerap melakukan perjalanan melewati Kuningan, Jawa Barat, tentu akan mudah menjumpai tape ketan dalam wadah ember di sepanjang perjalanan. Ya, tape ketan memang menjadi buah tangan khas Kuningan yang sudah sangat tersohor baik di Indonesia maupun di mancanegara.

Tape ketan Kuningan adalah sebuah kisah menarik dunia usaha kuliner makanan khas rakyat. Awalnya makanan ini hanya ramai diproduksi menjelang Lebaran. Namun para perintis industri rumahan tape ketan yang tak kenal menyerah dalam berjuang berhasil mengantarkan penganan ini tampil sebagai oleh-oleh khas Kota Kuningan, Jawa barat. Industri rumahan atau pembuatan tape ketan di Kuningan pun menjadi usaha yang menyediakan lapangan kerja sekaligus peluang usaha di bidang kuliner.

Nah, selain membeli tape ketan sebagai buah tangan, Anda juga dapat mengunjungi sentra produksi tape ketan kuningan ini. Salah satunya ada di Desa Tarikolot, Cibeureum, Kuningan, Jawa Barat.

Makanan yang satu ini terbuat dari beras ketan yg difermentasi dengan ragi,dibungkus dengan daun jambu air dan diberi pewarna dengan daun katuk.sehingga menimbulkan cita rasa yg enak di lidah. tape ketan terbuat dari bahan bahan alami dalam proses pembuatannya dan tidak sedikitpun memakai bahan pewarna kimia atau pengawet makanan. sehingga sobat tidak perlu khawatir untuk memakannya. tape ketan bisa tahan sampai 1 minggu lebih semakin lama usia tape ketan maka akan mengeluarkan air dari hasil fermentasi, air fermentasi tape ketan aman untuk diminum karena rasanya manis

Sebaiknya, membeli tape ketan dalam kondisi yang belum matang. Sebab, tape ketan sejak pengemasan membutuhkan waktu tiga hari untuk matang. Tape ketan yang telah matang memiliki rasa yang lebih legit hasil dari fermentasi. Selanjutnya, pastikan saat membeli tape ketan, tertera tanggal matang yang biasanya tertulis pada stiker di ember. jika anda berkunjung ke Kota Kuningan tidak ada salahnya mengunjungi sentra kuliner ketan khas Kuningan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here