Mengenal Kerajinan Rotan Juno Home Yang Memiliki Kualitas Terbaik

Kerajinan Rotan Juno Home di Bilangan Kemang Selatan

Kerajinan rumah tangga dari bahan rotan merupakan karya kerajinan yang banyak di tinggalkan pengusaha dalam negeri, selain karena kurangnya dukungan pemerintah juga serta membanjirnya produk rotan plastik dari negeri cina yang makin menggerus usaha rotan dalam negeri.

Namun di Indonesia tidak banyak sosok pengusaha yang mencintai rotan dan tetap bertahan, dari keinginan untuk mengembangkan rotan yang merupakan produk asli Indonesia, meski kalah bersaing dengan rotan plastik yang telah membanjiri pasar dalam negeri, namun sayang usaha tersebut mulai banyak ditinggalkan para pengrajin dan pengusaha rotan.

Namun di tangan pengusaha Willy Wonoto, hasil kerajinan rotan mampu eksis di Indonesia, dan Kabarrantau.com berkesempatan mendatangi bengkel serta showroom Juno Home di Bilangan Jakarta Utara dan kemang Jakarta selatan

Juno Home yang dirintis willy bermula dari usaha yang di geluti oleh orang tua yang mendirikan CV Jaya, dan awal mula bermodalkan mesin pengolahan rotan seharga 60 juta di tahun 1975, dan kini juno Home menjadi satu-satunya industri rotan yang tetap bertahan di Jakarta.

Saat di wawancarai di bengkel pengolahan Rotan, Willy menceritakan pengolahan rotan menjadi barang setengah jadi dan barang jadi, Pengolahan barang setengah jadi menghasilkan produk seperti rotan bulat kupasan, kulit rotan, hati rotan dan berupa komponen mebel terpisah. Sedangkan barang jadi adalah produk siap pakai yang terdiri dari mebel, tikar, lampit, keranjang, krei, lampu dan lain-lain.

Para pengrajin Juno Home merangkai rotan menjadi salah satu kerajinan rotan yang bermutu tinggi

Menurut Willy dalam penjelasannya, begitu rumitnya pengolahan rotan hingga memiliki kualitas baik sangat di jaga olehnya, pengolahan barang setengah jadi Proses pengolahan rotan besar dan rotan kecil berbeda sesuai dengan pemanfaatannya. Pada rotan besar proses yang dilewati meliputi: polis kasar, polis halus dan pengampelasan (mesin), kikis kulit/scraping (mesin kupas), pemutihan (pengasapan atau bahan kimia), pembengkokan/pelengkungan (bakar/steaming/bahan kimia).

proses Finishing kerajinan rotan
Hasil kerajinan rotan yang di produksi Juno Home

Selanjutnya barang setengah jadi dapat di bundling untuk dikirim atau diolah untuk memperoleh barang jadi. Pada rotan kecil biasanya melalui proses pembelahan, kecuali sebagai cane pada barang jadi. Proses yang dilewati meliputi: Perendaman, pembelahan, Trimming kulit, pembentukan hati, pencucian, pemutihan, conditioning dan selanjutnya dapat di bundling.

Berbagai kerajinan berbahan dasar rotan di hasilkan oleh Juno Home dari rotan diantaranya, Sofa, Diningset, Teras Set, Lounger, Kursi, serta berbagai kebutuhan rumah tangga lainnya, sementara itu Showroom Juno Home berdiri di atas lahan 1200 meter showroom Juno home di kawasan kemang berbagai produk rotan di pamerkan meski tak kunjung untung, namun karena bangunan showroom telah dimilikinya sejak 2002 tak perlu membayar sewa bangunan.

Selain di dalam negeri Produk Juno Home juga dipasarkan hingga ke eropa diantaranya Italia, dan Spanyol, setiap bulan Willy dapat memenuhi kuota ekspor hingga 20 Kontainer ke berbagai manca negara.

Kurangnya perhatian pemerintah kepada pengusaha rotan membuat banyak pengusaha rotan gulung tikar karena mengalami problem kebutuhan rotan, serta membanjirnya produk rotan plastik membuat pengrajin kehilangan mata pencaharian, sementara kerajinan rotan merupakan ciri khas yang hanya di miliki Indonesia dan menjadi daya tarik ekspor di luar negeri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here