Mengenal 10 Air Terjun Eksotik di Indonesia

Air Terjun 2 Warna

Negara Indonesia dikenal di mancanegara dengan panorama alam yang sangat eksotis dan menarik. Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan tempat – tempat yang menawan hati. Para turis dari berbagai negara pun mengunjungi Indonesia sebagai salah satu lokasi pilihan bagi mereka.

Selain itu Indonesia juga dikenal dengan wisata budayanya dimana masyarakatnya yang terkenal akan ramah tamah dan sopan santun kepada orang asing tentunnya menjadi nilai plus tersendiri bagi bangsa Indonesia di mata dunia.

Banyak wisatawan yang memburu paket wisata alam, karena mungkin faktor geografis dimana paket wisata alam ini belum tentu ada di daerah asal mereka.

Air terjun merupakan salah satu bagian dari paket wisata alam yang diandalkan di Indonesia melalui upaya promosi pariwisata pemerintah daerah yang berkaitan tentu saja.

Air terjun di Indonesia ada banyak sekali jumlahnya, namun ada beberapa yang sudah terekspos luas ke negara – negara lain mungkin lewat internet, berita di televisi, maupun karena kabar mulut ke mulut dari wisatawan yang pernah berkunjung ke Indonesia.

Berikut ini merupakan Air terjun yang eksotik dan berada di nusantara :

1. Air Terjun Dua Warna

Air Terjun Dua Warna ini berada di pulau Sumatra tepatnya berada di Propinsi Sumatra Utara. Air terjun yang satu ini merupakan salah satu yang terindah yang pernah ada di Indonesia.

Air terjun ini berasal dari aliran air yang bersumber dari hutan yang ada di hulu aliran air tepatnya berada di kawasan hutan di Gunung Sibayak.

Hutan yang terdapat di gunung tersebut masih asri dan alami. Kenapa air terjun ini dinamakan dengan nama Air Terjun Dua Warna, karena memang warna air yang ada di air terjun ini terdapat 2 gradasi warna yang terhasilkan, yaitu warna putih keabu – abuan dan juga warna biru muda.

Pemandangan air terjun dengan kombinasi dua warna tentu tidak bisa kita dapati di berbagai daerah. Warna – warna yang muncul dari air terjun ini merupakan karena faktor kandungan fosfor dan belerang yang ada di aliran air yang mengalir di air terjun ini.

Para pengunjung bukan hanya dapat bermain air atau mandi berenang di Air Terjun Dua Warna ini, melainkan pengunjung juga diperbolehkan berkemah di daerah sekitar air terjun ini berada.

2. Air Terjun Benang Kelambu

Air terjun ini diberi nama Air Terjun Benang Kelambu, karena memang aliran airnya yang menyerupai benang dalam sebuah kelambu. Air terjun ini berada di wilayah Propinsi Nusa Tenggara Barat. Air terjun ini sangat indah untuk dinikmati oleh para pengunjung yang datang ke tempat ini.
Pemandangan air terjun yang keluar dari sela – sela pohon gambung yang sangat rindang dimana tercurah dari bukit yang sangat tipis membuat air yang jatuh turun di air terjun ini dipandang seperti benang sutra yang halus.

Sebuah pemandangan yang sangat eksotis dimana pemandangan tersebut berada di wilayah sekitar hutan yang alami dan terjaga kelestariannya dari kegiatan pengrusakan. Anda patut mencoba mengunjungi eksotisme yang ditawarkan di Air Terjun Benang Kelambu ini.

3. Air Terjun Sepiso – Piso

Air terjun Sepiso – Piso ini merupakan salah satu air terjun dengan ketinggian yang tertinggi di Indonesia, dengan ukuran ketinggian yang mencapai kurang lebih 120 meter dari atas tanah.

Air terjun ini mengalir dari atas tebing yang sangat tinggi dimana lingkungan sekitar air terjun ini merupakan kawasan hutan pinus yang sangat asri. Tentu sensasi menikmati air terjun yang menjulang tinggi ini menjadi panorama alam yang wajib diburu bagi para pencinta wisata alam.

4. Air Terjun Madakaripura

Air terjun ini berada di wilayah Propinsi Jawa Timur. Air Terjun Madakaripura merupakan air terjun yang dikenal memiliki hubungan cerita dengan tokoh Gajah Mada dari kerajaan Majapahit di masa lampau. Konon menurut cerita Mahapatih Gajah Mada pernah melakukan pertapaan di goa di sekitar Air Terjun Madakaripura ini.

Airnya sangat dingin dan jernih dimana kita bisa memanfaatkannya untuk bercanda dan bersendau gurau dengan orang yang kita ajak ke tempat ini. Selain pemandangan air terjun gua tempat dipercayanya Mahapatih Gajah Mada juga menjadi tujuan kenapa pengunjung banyak berkunjung ke tempat ini.

Sesekali bila beruntung akan ditemukan pelangi yang bersinar menghiasi air terjun yang mengalir jatuh turun dari tebing yang sangat curam dan tinggi. Benar – benar mempesona.

5. Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu ini merupakan salah satu maskot wisata di Kabupaten Karanganyar Propinsi Jawa Tengah. Air terjun ini cukup terkenal dimana banyak wisatawan yang telah berkunjung ke tempat ini entah hari kerja maupun saat libur tiba.

Air terjun ini dinamai dengan nama Gerojogan Sewu, karena tingginya air terjun ini dalam bahasa jawa sewu berarti seribu. Secara istilah mengkaitkan tingginya air terjun ini seolah – olah seribu meter. Sedangkan kata Grojogan dalam bahasa jawa berarti air yang mengalir jatuh ke tanah.

Disini kita juga akan menemukan pemandangan bertemu dengan sekumpulan monyet – monyet hutan yang menjadi satwa khas daerah Air Terjun Grojogan Sewu. Bagi anda yang belum pernah berwisata ke tempat ini buruan datang secepatnya.

6. Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile ini merupakan air terjun yang berada di kawasan hutan Taman Nasional Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat, dimana air terjun ini memiliki ketinggian 31 meter. Pemandangan yang menjadi ciri khas air terjun ini adalah 2 tingkatan air terjun yang mengalir jatuh kebawah.

Air terjun ini memiliki 2 tingkatan air terjun, dimana tingkatan pertama meluncur jatuh dari atas tebing dan tingkatan kedua adalah terusan air yang jatuh ke dalam kolam air yang dingin dan sejuk.

Menurut kisah rakyat setempat, masyarakat setempat meyakini bahwa dulu air terjun ini merupakan tempat mandi para bidadari dari langit dimana memang begitu indah pemandangan yang tersaji di tempat ini.

7. Air Terjun Curug Cimahi

Air Terjun Curug Cimahi ini berada di wilayah Propinsi Jawa Barat. Sumber dari air terjun ini berasal dari aliran air Sungai Cimahi yang menjadi hulu aliran Air Terjun Curug Cimahi ini.

Tinggi air terjun ini sekitar 85 meter, benar – benar merupakan pemandangan air terjun yang sangat tinggi. Pemandangan eksotis akan kita dapatkan jika kita berada di waktu yang tepat, karena pelangi juga sering hadir di air terjun yang satu ini.

8. Air Terjun Payakumbuh

Air Terjun Payakumbuh kami jadikan sebagai salah satu air terjun dengan panorama terindah di Indonesia. Air terjun ini berada wilayah Bukittinggi Sumatra Barat. Air terjun ini mengalir jatuh dari atas ngarai yang cukup terjal.

Ngarai ini bernama Ngarai Harau. Sensasi pemandangan yang ditawarkan di air terjun ini merupakan perpaduan antara air terjun yang sangat tinggi dengan pemandangan elok Ngarai Harau yang menjadi ciri khas daerah Bukittinggi.

9. Air Terjun Curug Cipendok

Air terjun Curug Cipendok ini berada di wilayah Kabupaten Banyumas Propinsi Jawa Tengah, dekat dengan Kabupaten Purwokerto Propinsi Jawa Tengah. Air terjun ini memiliki ketinggian yang terbilang fantastis di pulau jawa, sekitar 92 meter.

Air terjun ini mengalir deras jatuh ke bawah dan sanggup membasahi kita dengan deburannya yang keras tentunya. Air terjun ini berada di wilayah hutan di Gunung Slamet.

Pemandangan hutan di sekitar air terjun masih alami, jadi kita bisa menikmati suasana daerah yang hijau dan permai karena terdapat suara – suara burung yang berkicau dan suara – suara hewan hutan yang mendesir yang mampu membawa kita menuju kedamaian bersama dengan alam hutan yang masih asri dan alami.

10. Air Terjun Curug Citambur

Air terjun ini diberi nama Air Terjun Curug Citambur, berada di wilayah Propinsi Jawa Barat. Nuansa hutan tropis dengan panorama yang elok bisa kita temui disini. Arus air di air terjun ini sangat deras dan mampu menghempas kita hingga jatuh jikalau tidak hati – hati.

Hal ini disebabkan karena hembusan angin yang terbilang cukup kencang membawa butiran air yang jatuh ke bawah menuju telaga di bawahnya. Kita bisa berenang dengan sangat nyaman disini karena wilayahnya yang jauh dari pemukiman manusia jadi suasana bising penuh lalu lintas kendaraan tidak akan ditemui disini.

Kita wajib bangga dengan adanya keberadaan air terjun – air terjun ini. Selain wisatawan manca negara tentu kita tidak melupakan wisatawan lokal yang berasal dari dalam negeri Indonesia sendiri dimana wisatawan lokal juga menjadi target pasar promosi dunia pariwisata Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here