Tradisi Kopi Kasar Kopyok Khas Gresik, Rasanya Unik, Pahit dan Asam

Jika anda sering berkunjung ke kota Gresik, Jawa Timur, kurang pas rasanya jika belum mencoba kopi andalan Kota Santri yang satu ini. Pencinta kopi harus mencicipi kopi ini. Namanya Kopi Kasar Kopyok.

Umumnya, kopi akan disajikan dalam bentuk serbuk halus yang langsung diaduk. Tidak demikian dengan kopi ini.

Takaran kopi yang disajikan lebih besar dan menggunakan gilingan kopi yang masih kasar.

Penyajian Kopi Khas Kota Wali ini terbilang unik. Serbuk kopi yang kasar ditempatkan dalam gelas, lalu dituang air mendidih. Serbuk kopi bertekstur kasar tersebut akan naik hingga menyembul ke permukaan gelas. Rasanya pahit dan sedikit asam. Justru ini menjadi sensasi menikmati kopi berlumur ampas di sekeliling mulut. Dijamin, mata Anda akan langsung segar.

“Kopi Kasar Gresik punya kalo ini, lur. Kalau yang ini, kopinya dicampur sama susu lalu atasnya dikasih taburan krim putih di atas remahan kopi kasarnya. Ketika dicampur (diaduk), rasanya bakal wow banget. Kalian wajib coba. Dijamin nagih. Di mana nih tempat ngopi favorit kalian di Gresik? Foto: @indrokusworo,”tulis Instagram @gresiktourism, dikutip Rabu (31/7/2019).

Kopi Kasar Kopyok tidak bisa langsung dinikmati, harus diaduk terlebih dulu dan menyisihkan ampas kopi yang terapung dengan sendok. Jika Anda suka, silahkan kunyah kopi kasarnya. Untuk yang bukan coffe addict, disarankan menambah susu saat disajikan. Rasa kopi akan terasa lebih soft dengan perpaduan rasa manis susu dan pahitnya kopi.

Kopi ini cocoknya dinikmati bersama dengan Nasi Krawu yang juga merupakan makanan khas Kota Industri. Penyebaran dari sajian kopi ini kebanyakan di daerah Gresik kota dan Gresik utara. Secangkir Kopi Kasar Kopyok hanya dihargai Rp2.500. Jadi, jika kalian memang penikmat kopi sejati, jangan lupa berkunjung ke Kota dengan Sejuta Warung Kopinya. Rasakan nikmat dan sensasi Kopi Kasar Kopyok bersama kehangatan masyarakatnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here