Memanfaatkan Limbah Pohon Kopi Menjadi industri kreatif

Kerajinan dari pohon Kopi

Kopi Identik dengan Minuman, Selain merupakan minuman yang sangat digemari oleh hampir semua kalangan, mulai dari remaja dan dewasa, sampai kepada orang tua. bahkan telah menjadi trend bagi masyarakat nasional dan tentunya telah merambah ke internasional. Kopi sekarang ini telah mendunia.

Namun bagi masyarakat Gayo Aceh Tengah, selain biji Kopi yang dapat menghasilkan sumber rejeki, serta limbah pohon kopi juga dapat dimanfaatkan untuk dijadikan berbgai kreatifitas yang unik, dimana kopi bukan hanya dikembangkan lewat hasil produksinya saja berupa buah kemudian disulap menjadi sebuah minuman dalam segelas cangkir, padahal kopi juga merupakan suatu tanaman yang sempurna, yakni memiliki akar, batang, daun, bunga dan buah, salah satu pemanfaatan limbah pohon kopi yang telah diberdayakan masyarakat Aceh ialah:

1. Pemanfaatan Daun Kopi

Selama ini, Penduduk Aceh masyarakat Gayo hanya memanfaatkan daun kopi yang sudah membusuk sebagai pupuk organik untuk peningkatan hasil produktivitas dari tanaman kopi itu sendiri, ternyata disisi lain bukan hanya buahnya saja tetapi daun kopi juga bisa disulap menjadi sebuah minuman teh berkelas dan praktis, yakni dibuat dari seduhan daun kopi yang sudah disangrai. Kemudian salah satu hasil riset di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah ternyata ekstrak daun kopi bisa menjadi bahan dasar pengembangan batik berbasis zat warna alam.

2. Pemanfaatan Akar Pohon Kopi

Akar Pohon Kopi juga dikenal keunikan dan Pohon kopi yang ditanam pada tanah dengan struktur yang gembur dan tekstur liat berpasir memiliki akar yang bercabang-cabang, sehingga menjadikan akar tersebut berkarakteristik seperti miniatur pohon, bunga serta menyerupai bonsai yang dapat juga diolah menjadi benda-benda seni yang indah, seperti hiasan pohon dan bunga yang unik bentuknya.

3. Pemanfaatan Batang Kopi

Selama ini kebanyakan masyarakat kita memanfaatkan batang kopi sebagai kayu bakar. Padahal ada nilai jual tinggi yang dimiliki oleh batang kopi itu sendiri. Dimana batang kopi dapat dijadikan sebuah meubel perabot rumah tangga seperti meja, kursi, lemari, dipan, dudukan lampu, pigura, dan asbak yang unik.

Dalam mengembangkan suatu industri, sudah pasti bahan baku menjadi salah satu faktor pendukung berlangsungnya sebuah industri, disamping tersedianya modal, tenaga kerja, tempat pemasaran hasil industri, tersedianya sarana dan prasarana transportasi dan lokasi yang baik. Namun seiring berjalannya waktu, banyak sekali industri-industri yang berdiri sekarang ini tanpa memerhatikan lingkungan bila dilakukan dengan kurang bijaksana. Banyak sekali limbah yang dihasilkan yang dapat mencemari air, tanah dan udara. Selain itu dalam proses produksinya memerlukan bahan baku yang berasal dari alam yang apabila tidak menggunakannya dengan bijak akan menimbulkan kerusakan lingkungan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here