Manfaat Buah Blewah Yang Baik Untuk Kesehatan Anda

Blewah (Cucumis melo L. Kelompok Cantalupensis) adalah tumbuhan penghasil buah yang banyak digunakan sebagai minuman penyegar di Asia Tenggara, selain timun suri dan kolang-kaling. Blewah sejenis dengan melon namun berbeda kelompok budidaya. Ia berbentuk liana, seperti juga labu dan mentimun.

Blewah umumnya berbentuk bulat lonjong, dengan kulit berwarna jingga terang dengan bercak kehijauan. Di balik kulit buah yang tipis, terdapat daging buah yang relatif lembut dan bertekstur. Di bagian dalamnya terdapat rongga yang berisi biji dan serat.

Selain timun suri, kolak pisang, bubur sum-sum, makanan yang kerap muncul pada bulan ramadan adalah buah blewah. Buah ini biasa dijadikan es blewah yang sangat menyegarkan. Buah yang menyegarkan ini juga mengandung banyak kandungan yang bermanfaat untuk tubuh. Terdapat kandungan Vitamin A, Vitamin C, Mineral Kalium, Folat, seng, dan tembaga. Semua kandungan tersebut akan memberikan manfaat bagi Anda yang rutin mengonsumsi blewah. Berikut manfaat buah blewah.

1. Mengatasi insomnia

Blewah memiliki sifat sedatif yang berfungsi untuk mengobati penderita insomnia. Hal ini lantaran sifat sedatif berfungsi seperti layaknya obat tidur. Hasilnya, penderita insomnia bisa mudah tidur jika mengonsumsi buah ini dengan rutin.

2. Menjaga kesehatan

Agar mata sehat, dibutuhkan kandungan Vitamin A. Buah blewah mengandung Vitamin A. Tak hanya itu, vitamin A juga mampu menangkal radikal bebas.

3. Menyehatkan janin

Bagi wanita yang hamil, buah blewah bermanfaat untuk janin pada kandungan. Agar janin sehat, dibutuhkan asam folat. Buah blewah memiliki kandungan asam folat di dalamnya, yang bisa membantu menjaga memproduksi sel baru yang dibutuhkan wanita hamil.

4. Melancarkan pencernaan

Buah ini kaya akan serat didalamnya. Agar pencernaan lancar, Anda harus mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat. Buah blewah bisa menjadi pilihan Anda.

5. Menurunkan tekanan darah

Bagi penderita tekanan darah tinggi, Anda bisa mengonsumsi blewah sebagai solusinya. Kandungan potasium dan kalium pada blewah memiliki fungsi untuk menurunkan tekanan darah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here