Jika Mampir Ke bangka, Cicipi Lempah Kuning Baung Atok Kulop

Bangka Belitung menjadi destinasi wisata yang indah selain itu juga memiliki wisata kuliner yang sangat di kenal, tepatnya lokasi di Pangkalpinang, ibu kota Provinsi Bangka Belitung (Babel). Namanya Umah Ubi Atok Kulop yang berlokasi di Citraland Botanical City.

Umah Ubi Atok Kulop beroperasi sejak sejak awal Oktober lalu. Menu andalannya adalah lempah kuning khas Bangka. dan turut mempekerjakan karyawan masyarakat setempat, yang berjumlah 11 orang,

Sementara itu salah satu pemilik Umah Ubi Atok Kulop, Wahyu Hansudi mengatakan, usaha kulinernya memang juga bertujuan mengangkat pangan lokal. “Sajiannya aneka masakan lempah kuning rampai ubi ala orang kebun di Pulau Bangka,” ujarnya Wahyu, Pria yang kini bermukim di London, Inggris itu juga menjelaskan potensi kuliner lokal, kuliner lokal sebenarnya punya potensi pasar besar. “Siapa yang nggak butuh makan,” ujar pria asal Blitar itu.

Namun, katanya, menjadi kebanggan tersendiri ketika bisa mengangkat kuliner lokal hingga dikenal luas. Salah satunya adalah lempah kuning khas Bangka, dan Umah Ubi Atok Kulop buka dari senin hingga minggu dari jam 8 pagi hingga pukul 11 malam.

Sesuai namanya nama Atok Kulop juga punya makna tersendiri bagi budaya lokal. Nama itu berasal dari Hikayat Atok Kulop, atau datuk laki yang di kenal masyarakat lokal, umah ubi berarti menyuguhkan beragam makanan dari ubi. Lempah kuning, bahkan ikan baung pun dipadu dengan rampai ubi.

 

Jika mampir mengunjungi destinasi wisata di Bangka Belitung terasa kurang lengkap jika tidak mampir ke rumah makan Umah Ubi Atok Kulop yang menyajikan kuliner khas Pulau Bangka Beliting. (Man)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here