Mahasiswa Unhas Lolos Kompetisi Inovasi Bisnis Kemendikbud

Lima proposal mahasiswa Unhas dinyatakan lolos mengikuti Kompetisi Inovasi Bisnis Mahasiswa (KIBM) 2020 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI).

Kemendikbud melalui Pusat Prestasi Nasional (Pusprenas) mengumumkan hasil seleksi proposal dalam Surat Nomor 1957/J3/TU/2020 tentang Pengumuman Proposal Lolos Pendanaan KIBM Tahun 2020, tanggal 5 Oktober 2020.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas Prof Dr drg A Arsunan MKes di Makassar, Rabu, mengatakan seluruh proposal mahasiswa yang lolos, berhak memperoleh pendanaan KIBM tahun 2020.

“Hal yang menggembirakan di kampus kita adalah iklim mahasiswa untuk berprestasi pada ajang kompetisi nasional semakin baik,” katanya kepada Antara.

Mulai tahun ini, kegiatan kemahasiswaan di bawah Kemendikbud dikelola oleh Pusprenas. Unhas secara konsisten berhasil meloloskan mahasiswa dalam berbagai kegiatan di bawah Pusprenas.

“Kami selaku pembina kemahasiswaan akan selalu mendorong dan memfasilitasi mahasiswa kita untuk berprestasi,” kata Arsunan.

Adapun lima proposal itu masing-masing Dangke Cheese Snack (Ketua Tim: Yuyun Angraeni, Fakultas Ekonomi dan Bisnis), Seoulite Merch (Ketua Tim: Munawara, Fakultas Farmasi) dan Daeng Lame (Ketua Tim: Muhammad Alwi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis)

Selanjutnya proposal LOCAPRO S+ (Ketua Tim: Muh. Azriel Ikhlasul Amal, Fakultas Pertanian) dan yang terakhir LAGALIGO LEATHER CRAFT (Ketua Tim: Budiman Teri, Fakultas Ekonomi dan Bisnis).

KIBM merupakan implementasi dari Program Kewirausahaan Kampus Merdeka 2020, yang bertujuan untuk menumbuhkan jiwa dan kemampuan kewirausahaan mahasiswa di Indonesia.

Mahasiswa diharapkan mampu bersaing secara global dengan mengoptimalkan potensi nasional. Melalui KIBM diharapkan dapat membangun semangat kewirausahaan dengan memperkuat jejaring antara Akademisi, Bisnis dan Pemerintah

Sebagai respons dari situasi pandemi, kegiatan KIBM Tahun 2020 dilaksanakan dengan metode dalam jaringan (daring), mempertimbangkan kondisi pandemi COVID-19 di Indonesia.

Pendaftaran berlangsung pada 20 Juli – 19 Agustus 2020. Sementara seleksi berlangsung 4 sampai 13 September 2020.

Proses selanjutnya adalah penandatanganan kontrak antara Puprenas dengan Universitas Hasanuddin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here