Mahasiswa UI Sabet Juara di Lima Kompetisi Nasional

Tiga mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Indonesia (MIPA UI) meraih juara kedua dalam Kompetisi Debat Nasional yang diselenggarakan Komunitas Kejar Mimpi Aceh.

Ketiga mahasiswa tersebut adalah Mahesa Oktareza (Matematika 2017), Ginanjar Ariyasuta (Matematika 2017), dan Aisha Nurtabina (Fisika 2017). Kompetisi Debat Nasional Komunitas Kejar Mimpi Aceh adalah kompetisi debat yang digelar untuk mahasiswa perguruan tinggi se-Indonesia.

“Kompetisi ini diikuti sejumlah perguruan tinggi seperti USU, UMSU, UNPAD, UNSRI, UNRI, UIN Walisongo, UNP, UNHAS, IAIN Padangsidimpuan, Universitas Maritim Raja Ali Haji,” ujar Rosari Saleh, Wakil Rektor UI Bidang Akademik dan Kemahasiswaan dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 2 Juli 2020.

Menurut Rosari, esai yang dibawakan berjudul Transparansi Data Covid-19: Upaya Awal Menyelamatkan Indonesia melalui Pemodelan Matematis dan Spasial. Pemodelan matematis digunakan untuk memprediksi kurva naik turunnya jumlah penderita covid-19 dan menentukan puncak pandemi COVID-19.

“Sedangkan pemodelan spasial digunakan untuk menentukan sebuah zona suatu daerah dilihat dari banyaknya pasien positif Covid-19,” ujar Mahesa.

Prestasi lain juga diraih mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi UI, Alif Naufal Falih yang meraih juara pertama dan berhasil unggul di antara empat finalis lainnya dari Universitas Kapuas Sintang, Politeknik STIA LAN Bandung, Universitas Padjajaran, dan Universitas Islam Makassar. 

“Alif memenangkan kompetisi esai yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Administrasi Bisnis Indonesia (KOMBI),” kata Rosari.

Prestasi berikutnya diraih mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UI, Albertus Aldo.  Aldo meraih juara Harapan Dua dalam Kompetisi Penulisan Opini yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.  Aldo berhasil unggul dari 6.388 mahasiswa dari perguruan tinggi seluruh Indonesia.

“Judul opini yang diangkat oleh Aldo adalah Mencegah Kebangkitan Human Coronavirus di Masa Depan dengan Vaksin Antimutagenik,” sebut Rosari.

Kemudian empat mahasiswa Teknik Bioproses Fakultas Teknik UI berhasil meraih Juara Pertama Kompetisi Process Engineering and Energy Days 2020 pada cabang lomba Chemical Product Design Competition (CPDC)/Kompetisi Desain Produk Kimia.

Keempat mahasiswa tersebut adalah Ananda Bagus Richky Digdaya Putra, Agustina Evania Dewi,, Ajeng Inas Setyorini, dan Nurul Hikmah Ramadhani. “Kompetisi ini diikuti oleh 202 tim yang terseleksi menjadi delapan tim pada babak final,” kata Rosari.

Tim ini menghasilkan alat pembersih air kolam renang 3in1, yang memiliki keunggulan  karena mampu bertindak sebagai antibakteri, antialga serta sebagai koagulan untuk perawatan kolam renang.

Berikutnya ialah empat mahasiswa Fakultas Kedokteran UI yang meraih Juara Ketiga dalam ajang Pre-Conference Competition Asian Medical Students’ Conference 2020 cabang lomba scientific paper. Keempat mahasiswa tersebut adalah Ayers Gilberth Ivano Kalaij, Michael Sugiyanto, Valencia Hadinata, dan Ugiadam Farhan Firmansyah.

“Perlombaan ini diikuti oleh 25 Tim dari enam distrik AMSA dari berbagai universitas yang berasal dari seluruh Indonesia,” tutup Rosari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here