Mahasiswa UI Raih Prestasi Dalam Ajang Model United Nations di Malaysia

Mahasiswa Universitas Indonesia Andrew Prasettya Japri, mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat UI berhasil meraih penghargaan ’Most Outstanding Delegate’ pada Malaysian National Model United Nations 2018.Kegiatan yang diikuti oleh sekitar 400 delegasi dari berbagai negara ini dilaksanakan pada 30 Maret-1 April 2018 di Asia Pacific University (New Campus), Taman Teknologi Malaysia.

Lomba Simulasi Sidang Komite Persatuan Bangsa-Bangsa menjadi perlombaan yang menarik perhatian. Setiap delegasi menyampaikan pendapat tentang isu internasional dan memposisikan diri sebagai komite PBB.

Pada Malaysia National MUN 2018 terdapat enam komite yang terdiri dari SPECPOL, UNPO, DISEC, SOCHUM, UNODC, dan Cobbold Commission. Masing-masing komite memiliki topik yang berbeda-beda. Para delegasi akan berlomba-lomba memberikan pendapat, beradu argumentasi, dan memberikan solusi terhadap isu tersebut.

Andrew bertindak sebagai Delegasi China pada Komite United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC). Topik yang dibahas yaitu Reviewing The ‘War on Drugs’ on Global Scale dan Measures to Counter Counterfeit Medicine.

Dalam pemaparannya, Andrew menyampaikan bahwa sedang banyak isu obat palsu dan terlarang masuk ke Tiongkok. Sebagai negara yang memiliki banyak wilayah perbatasan dengan negara lain, Andrew menawarkan solusi agar membuat kerja sama internasional di bidang pertahanan batas negara.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pengawasan di wilayah perbatasan untuk meminimalisasi masuknya barang ilegal terutama obat terlarang dan obat palsu.

“Mengikuti MUN membuat saya menjadi paham tentang isu internasional,” tambah Andrew.

Dalam perlombaan ini juga dituntut untuk bisa membuat position paper. Hal ini dapat meningkatkan kemampuan riset para delegasi karena harus mencari data yang valid dan menyampaikan argumen dengan baik.

Sebelumnya, Andrew pernah berpartisipasi pada AMSA UNPAD MUN dan ITB MUN. Bulan Juni mendatang, Andrew akan mengikuti ajang internasional bergengsi Singapore MUN.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here