Mahasiswa UI Raih Kemenangan di Ajang Kompetisi Internasional, IECOM

Perwakilan mahasiswa tim Caelius Universitas Indonesia (UI) menjadi pemenang dalam Industrial Engineering Competition (IECOM) 2018 yang digelar pada 7-13 Januari 2018 di Institut Teknologi Bandung, mahasiswa UI yang mewakili terdiri dari tiga mahasiswa Teknik Industri 2014 yaitu Bhagas Aufa Handoyo, Millatina Mirrah Putri, dan Dita Anggraeni Kusumaningrum,

Dilansir dalam laman Ui, kejuaraan IECOM diikuti dalam 3 tahap yang harus dilewati oleh tim Caelius UI untuk dapat menjadi juara IECOM 2018. Tahap pertama berbentuk kompetisi berupa team quiz dan amazing race. Pada tahap pertama ini, para peserta harus dapat menjawab berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan ilmu Teknik Industri.Selanjutnya pada tahap kedua, para semifinalis diberikan sebuah studi kasus tentang simulasi game investasi. Tahap pertama dan tahap kedua bertujuan untuk menyaring 5 tim terbaik yang akan dinyatakan sebagai Finalis IECOM 2018 dan akan mengikuti tahap Grand Final.

Pada tahap Grand Final, para finalis IECOM 2018 melakukan kunjungan ke PT. Gaya Motor untuk melakukan observasi langsung dan mengambil data terkait kasus nyata yang diberikan oleh pihak perusahaan.

Setelah melakukan observasi dan memperoleh data yang diperlukan, keesokan harinya para finalis diberikan waktu selama 12 jam untuk berdiskusi mengenai solusi terbaik dari kasus yang terdapat pada PT. Gaya Motor, untuk kemudian dipresentasikan di hadapan juri keesokan harinya.

Tim Caelius memberikan solusi dengan menggunakan metode yang clear yaitu dengan menganalisa dari berbagai faktor, seperti dari segi line balancing, supply chain, maintenance, human resource, quality, dan tentunya dari segi profit perusahaan. Inilah yang menjadikan tim mereka unggul dalam proses penilaian.

Salah satu anggota tim, Dita, mengatakan bahwa kunci kemenangan mereka adalah komposisi tim yang saling melengkapi. “Kalau mau bikin kelompok, yang sudah saling mengetahui kapasitas dan kapabilitas satu sama lain. Jangan mencari anggota dengan kemampuan yang sama, harus saling melengkapi,” jelasnya.

Berbagai persiapan untuk menghadapi kompetisi IECOM 2018 dilakukan oleh tim Caelius UI, mulai dari pembagian kerja dalam tim secara konsisten hingga pengalaman dari berbagai lomba sebelumnya yang telah mereka ikuti bersama.

IECOM 2018 merupakan sebuah kompetisi teknik industri berskala internasional yang diadakan oleh Keluarga Mahasiswa Teknik Industri Institut Teknologi Bandung (MTI ITB) dan dapat diikuti oleh mahasiswa S1 jurusan Teknik Industri dari seluruh Indonesia dan Asia Tenggara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here