Mahasiswa UI Menangi Lomba Debat HAM Tingkat ASEAN

Mahasiswi Universitas Indonesia (UI) Catherine, mahasiswi jurusan Ilmu Hubungan Internasional FISIP UI 2017 berhasil menorehkan prestasi di ajang internasional, dan terpilih sebagai salah satu dari lima pemenang Association of Southeast Asian Nations Intergovernmental Commission on Human Rights (AICHR) Youth Debate ke-4.

Acara ini diselenggarakan di Bangkok, Thailand pada 4-6 September 2017 dan penyelenggaraannya didukung oleh Badan Pembangunan Internasional AS (USAID) dan Departemen Luar Negeri AS.

Acara itu didukung oleh Badan Pembangunan Internasional AS (USAID) dan Departemen Luar Negeri AS. Sekitar 40 mahasiswa universitas dari 10 negara anggota ASEAN yang menjadi peserta bertukar pandangan tentang berbagai isu hak asasi manusia di Asia Tenggara, seperti hak-hak perempuan, pertumbuhan ekonomi, hak-hak warga ASEAN untuk bekerja di semua negara anggota, perlindungan lingkungan, dan pembentukan Pengadilan Hak Asasi Manusia ASEAN.

Menurut Seree Nonthasoot, Perwakilan Thailand untuk AICHR, perhelatan itu, selain sebagai bentuk perayaan HUT ASEAN ke 50– merupakan ajang para pemuda untuk berdebat tentang berbagai isu hak asasi manusia yang paling mendesak saat ini.

HAM merupakan aspek integral dari komunitas ASEAN. Melalui AICHR, ASEAN mempromosikan pembangunan dan keadilan sosial serta perwujudan sepenuhnya martabat manusia dan pencapaian kualitas hidup yang lebih tinggi bagi masyarakat Asia Tenggara, selaras seperti yang tercantum dalam Deklarasi HAM ASEAN.

“Para mahasiswa ini adalah bagian dari komunitas pemimpin muda secara keseluruhan yang memberikan inspirasi kepada semua warga ASEAN untuk berpikir lebih kritis tentang masalah hak asasi manusia di kawasan ini,” jelas Duta Besar Daniel Shields, Pelaksana Tugas Duta Besar AS untuk ASEAN yang memberikan sambutan saat acara penganugerahan Youth Debate.

AICHR adalah lomba debat tingkat ASEAN yang mendiskusikan berbagai isu hak asasi manusia di Asia Tenggara, seperti hak-hak perempuan, pertumbuhan ekonomi, perlindungan lingkungan, dan pembentukan Pengadilan Hak Asasi Manusia ASEAN.

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari perayaan HUT ASEAN ke 50 yang jatuh pada tanggal 8 Agustus 2017.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here