Mahasiswa UI Juarai Kompetisi Tari Internasional di Bulgaria

Tari Mahasiswa “Kencana Pradipa” dari Universitas Indonesia (UI) berhasil mengharumkan nama Indonesia di ajang kompetisi seni dan budaya di kancah dunia dengan perolehan Juara Grandprix (Juara Umum) atas pertunjukan Tarian Tradisional Saman.

Tim Tari Mahasiswa “Kencana Pradipa” dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (UI) berhasil mengharumkan nama Indonesia di ajang kompetisi seni dan budaya di kancah dunia dengan perolehan Juara Grandprix (Juara Umum) atas pertunjukan Tarian Tradisional Saman.

Para kontingen yang mewakili Indonesia ini berhasil memukau para juri dan penonton pada ajang The 7th World Championship of Folkloreyang berlangsung pada 17 – 27 Agustus 2017 di Bulgaria.

Rangkaian penghargaan yang berhasil dibawa pulang Tim Tari Kencana Pradipa – Fakultas Psikologi UI adalah World Champion untuk kategoriFolklore Ensembles ; World Champion untuk kategori Folklore Instrumental Group ; Gold Medal untuk kategori Folklore Instrumental Group dan Gold Medal untuk kategori Folklore Ensembles.

Pada malam final, Kencana Pradipa – Fakultas Psikologi UI yang beranggotakan mahasiswa Fakultas Psikologi UI angkatan 2014 – 2016  berjumlah 32 orang ini bersaing ketat dengan penampilan negara lainnya seperti dari Rusia, Latvia, Kroasia, Iran, dan tuan rumah Bulgaria.

Ajang 7th World Championship of Folklore melibatkan dewan juri handal seperti Prof. Kravtsov Nikolai, Maestro Georgi Yanko dan Mr. Valentine Halvadjiev. Indikator penilaian diantaranya kompleksitas performa, kualitas performa, visual, kostum, stagingdan perilaku panggung.

Menurut Team Leader Kencana Pradipa – Fakultas Psikologi UI Vinda Manurung, “Kami berhasil unggul pada poin penilaian kompleksitas dan visual kostum – panggung,” ujarnya.

Total terdapat empat tarian yang ditampilkan, yaitu Tari Saman, ada Tari Wanoja Bentang dari Sunda, Tari Kembang Selaras dari Betawi, dan Tari Papeda dari Papua.

Sejak didirikan tahun 2007, Kencana Pradipa – Fakultas Psikologi UI telah berpartisipasi dalam kompetisi tingkat nasional dan misi budaya seperti di Spanyol – Portugal (2009), Amerika Serikat, (2010), Brazil (2013), dan Hungaria (2017).

Sedangkan, ajang di Bulgaria ini menjadi kompetisi bertaraf internasional pertama yang diikuti oleh Kencana Pradipa – Fakultas Psikologi UI mengikuti kompetisi bertaraf internasional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here