Mahasiswa UI dan UGM Raih Penghargaan APEC Di Beijing

Mahasiswa UI dan UGM Raih Penghargaan APEC Di Beijing

Mahasiswa dan mahasiswi dari Indonesia kembali meraih penghargaan Internasional. Kali ini prestasi itu diraih dalam konferensi tingkat internasional, Model APEC (Asia-Pasific Economic Cooperation) Conference 2016 di Beijing, Tiongkok. Konferensi yang berlangsung pada 25-29 Agustus yang lalu tersebut, anak bangsa dari Universitas Indonesia (UI) berhasil meraih penghargaan The Best Presentation.
Seperti dilansir laman Berita UI, mahasiswi yang meraih prestasi dalam rangkaian even konferensi utama APEC 2016 yang akan berlangsung di Lima, Peru 19-20 November tersebut adalah Kristi Ardiana, mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Dalam ajang tersebut, Kristi  bersama delegasi lain dari Indonesia Angelo Abil Wijaya dari Universitas Gadjah Mada. Keduanya menjadi bagian para delegasi dari 21 negara yang umumnya adalah anak muda berusia 18-28 tahun. Beberapa delegasi tersebut datang dari negara-negara maju seperti Jepang, Autralia,Taiwan, Rusia, Tiongkok, dan Amerika Serikat.
Kristi Ardiana,   Presiden dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) English Debating Society UI mengungkapkan  pengalamannya tampil dihadapan para delegasi APEC merupakan pengalaman yang berharga. Dia mengaku  memahami bagaimana proses negosiasi diantara anggota APEC saat konferensi yang sebenarnya berlangsung.
“Diplomasi antara negara dalam konferensi Internasional ternyata sangat rumit dan kompleks. Kita harus benar-benar memahami stance kita sebagai negara serta apa yang kita butuhkan, lalu harus bisa berkompromi dan berdiskusi dengan negara lain agar mencapai konsensus yang saling menguntungkan,” ujar Kristi.
Tidak hanya itu, Kristi juga merasa bangga dapat menjadi delegasi yang mewakili kampusnya dan terlebih Indonesia selain merasa senang karena mendapatkan kesempatan untuk saling berinteraksi dengan para delegasi lain dari berbgai negara.
“Teman-teman dalam konferensi ini sangat seru dan pintar-pintar. Saya belajar banyak sekali dari mereka. Saya sangat bersyukur dapat mewakili Universitas Indonesia dan Indonesia dalam acara ini,” jelasnya.
Model APEC Conference merupakan progam tahunan yang telah berlangsung sejak tahun 2010 untuk menggaet anak-anak muda dari negara-negara anggota APEC. Tujuannya dalah untuk menciptakan generasi muda yang mampu mengembangkan dan memperkaya kemampuan delegasinya dalam rangka kerjasama internasional khususnya regional Asia-Pasifik. (Rahmansyah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here