Mahasiswa UGM Sabet Juara di INCHALL Tingkat Asia

Tim Insist mahasiswa UGM berhasil menyabet juara dalam kompetisi  “Industrial Challenge” (INCHALL) 2016. Dalam kompetisi teknik industri ini, tim UGM sukses menyisihkan 129 tim lain dari berbagai perguruan tinggi di kawasan Asia.

Kompetisi INCHALL 2017 mengusung tema “Zero Losses: A Goal Towards Business Process Sustainability” berlangsung di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) pada 28 Februari-4 Maret 2017. Kompetisi diikuti sebanyak 130 tim mahasiswa Teknik Industri dari sejumlah perguruan tinggidari beberapa negara di wilayah Asia.

Kemenangan tim Insist UGM yang beranggotakan, yakni Qonita Haula Kinanti, Eris Sofyan Tri Saputra, Tasya Ghonia Alma tidaklah diperoleh dengan mudah. Sebelumnya, mereka harus bersaing dengan 129 tim lain di babak penyisihan mengerjakan soal secara online terkait dengan ilmu teknik industri.

Selanjutnya, 15 tim terbaik dipilih untuk melaju ke semifinal. Dalam babak semifinal, seluruh tim diuji untuk menyelesaikan soal-soal teori dasar kelimuan Teknik Industri dalam waktu terbatas. Lima tim dengan nilai tertinggi, yaitu tim UGM, ITB, UI, ITS, dan President University terpilih melaju ke final beradu menyelesaikan kasus riil dari salah satu perusahaan manufacture
 di Indonesia.

“Pada babak final kami diberikan kasus riil pada lini produksi PT. Boma Bisma Indra,” jelas Qonita, Kamis (9/3) kepada Humas UGM.

Qonita mengatakan saat itu mereka menawarkan rekomendasi lay-out lini produksi yang dapat meminimalkan waktu transportasi antar stasiun kerja dengan software Flexible Line Balancing. Selain itu, meningkatkan efisiensi produksi perusahaan.

Menurut Qonita, dirinya mengaku senang atas prestasi yang diraih tim UGM. Dengan keberhasilan tersebut dapat mempertahankan gelar juara yang juga diperoleh dalam kompetisi serupa di tahun sebelumnya. Pada tahun 2016 lalu, tim UGM berhasil meraih juara pertama menyisihkan 125 tim lain dari berbagai universitas di kawasan ASEAN.

“Senang dan bangga bisa mempertahankan gelar juara di INCHALL. Semoga prestasi ini terus bisa dipertahankan di tahun-tahun mendatang,”ungkap Qonita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here