Mahasiswa ITS Wakili Indonesia Dalam Student Energy Summit

Kembali prestasi gemilang di raih salah satu mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Muhammad Irsan Agustian berhasil mewakili Indonesia dalam Student Energy Summit 2017 di Merida, Mexico. Sebelum ditunjuk, Irsan melewati beberapa tahapan seleksi. Tahap pertama, dirinya harus masuk dalam 9 besar dari 400 peserta di dunia

Diakui Irsan, sebelumnya dirinya mengetahui kegiatan ini sejak dua tahun lalu saat diadakan di Bali. “Dulu teman saya dari universitas lain mengikuti acara terbesar untuk mahasiswa se-dunia itu,” terangnya. Karena hal itu, Irsan pun bertekad untuk mengikuti acara tersebut.

Dengan tema Elecrtic vehicle yang terdiri dari bus listrik, mobil listrik, dan juga motor listrik yang ada di kampus ITS. Dalam Student Energy Summit, ada sekitar 700 mahasiswa dari seluruh dunia yang akan membahas energi secara keseluruhan baik energi konvensional maupun terbaharukan. Pembahasannya dilakukan melalui diskusi, seminar, dan juga studi kasus.

“Untuk studi kasus, satu timnya terdiri dari tiga mahasiswa yang dipilih secara acak oleh panitia,” ujar Irsan.

Sebelum mengikuti Student Energy Summit, Irsan sendiri pernah mengikuti kegiatan internasional yang lain. Diantaranya lomba poster di Universiti Teknologi Malaysia, Oil Rig Design di Universiti Teknologi Mara ITM Malaysia, serta pernah mengikuti konferensi Society of Petroleum Engineer Filipina.

Irsan menjelaskan sebagai mahasiswa harus banyak mengikuti kegiatan yang ditawarkan oleh perusahaan atau organisasi yang dapat menambah ilmu dan juga networking. ”Banyak sekali kesempatan, tinggal bagaimana kita, mahasiswa, dapat mengambil kesempatan itu dengan membagi waktu yang kita punya,” ungkap Irsan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here