Mahasiswa Indonesia Berpartisipasi dalam Simulasi Sidang PBB di Skotlandia

Mahasiswa Indonesia kembali berperan dalam PBB, kali ini Angelo Abil Wijaya, mahasiswa UGM, berkesempatan mengikuti simulasi sidang PBB Model European Union Scotland yang berlangsung pada 19-24 Oktober 2017 di kota Glasgow dan Edinburgh, Skotlandia.

“Bangga bisa mengikuti simulasi sidang Uni Eropa ini. Banyak pelajaran yang saya peroleh terutama terkait proses pembuatan keputusan dalam penyusunan kebijakan baru di Uni Eropa,” paparnya kepada Humas UGM, Jumat (17/11).

Kegiatan ini diikuti lebih dari 100 mahasiswa dari berbagai negara di Eropa, seperti Belanda, Belgium, Italia, Jerman, Perancis, dan Portugal. Sementara itu,  Angelo merupakan satu-satunya mahasiswa Indonesia yang turut serta dalam simulasi sidang Uni Eropa ini.

Model European Union Scotland diselenggarakan oleh pemuda Eropa di Glasgow yang bekerjasama dengan European Union Commission Representative in the United Kingdom. Konferensi tersebut membahas dua persoalan utama tentang Common Fisheries Policy dan Medium Combustion Plant.

Angelo menjelaskan bahwa kegiatan yang diikutinya ini memiliki format sangat berbeda dengan konferensi di Asia pada umumnya. Dalam konferensi ini, Angelo banyak mempelajari perbedaan umum yang terdapat di Eropa.

“Dalam konferensi ini, peserta diharapkan menghasilkan rekomendasi kebijakan setelah negosiasi dengan berbagai aktor politik,”jelas Angelo yang sedang melakukan pertukaran pelajar di University of Glasgow, Inggris Raya ini.

Di sela-sela konferensi ini, lanjutnya, para peserta diberikan kesempatan untuk mengunjungi Parlemen Skotlandia untuk bertemu dengan Menteri Skotlandia Alasdair Alan. Para peserta juga diberikan waktu untuk berdialog dengan Menteri Alasdair Alan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here