Lonely Planet Menobatkan 8 Objek Wisata Terbaik di Indonesia

TAK ada yang menampik kalau keindahan alam Indonesia begitu luar biasa. Mulai dari pantai, pegunungan, dunia laut hingga sejarah semua bisa dinikmati dan dipilih sesuai selera.Keindahan alam Indonesia pun diakui dunia. Beberapa media besar kerap membahas destinasi di Indonesia, salah satunya adalah Lonely Planet. Buku panduan perjalanan dan penerbit media digital terbesar di dunia ini bahkan menobatkan 8 objek wisata terbaik di Indonesia.

Candi Prambanan

Cndi Prambanan (Instagram/ferrywid)
Cndi Prambanan (Foto: instagram@ferrywid)

Terdiri dari sisa-sisa 244 kuil, situs warisan dunia Prambanan adalah situs Hindu terbesar di Indonesia dan salah satu destinasi utama di Asia Tenggara. Di sini kamu bisa mempelajari tentang sejarah Nusantara. Tahun 2006 Prambanan sempat mengalami kerusakan akibat gempa, beruntung candi utama selamat meskipun ratusan blok batu runtuh atau retak.

Candi Borobudur

Candi Bborobudur (Instagram/luilluil98)
Candi Bborobudur (Foto: instagram@luilluil98)

Berasal dari abad 8 dan 9, dan dibangun dari dua juta blok batu, Borobudur adalah kuil Buddha terbesar di dunia dan salah satu situs budaya paling penting di Indonesia. Hingga saat ini Borobudur masih digunakan sebagai tempat ziarah keagamaan. Setiap tahunnya umat Budha dari seluruh Indonesia dan mancanegara datang untuk memperingati Trisuci Waisak.

Kete Kesu

Kete Kesu
Kete Kesu (Foto: instagram@whenzkey_larious_frenzy)

Di kawasan Tana Toraja terdapat sebuah desa wisata bernama Kete Kesu. Di sana masyarakatnya masih memegang kuat adat dan hidup secara tradisional. Terdapat sebuah peninggalan purbakala berupa kuburan batu berusia 500 tahun. Daerah ini adalah cagar budaya serta pusat berbagai upacara adat Toraja.

Air Terjun Banyu Wana Amertha

Air Terjun Banyu Wana Amerta (Instagram/clairyfairy32)
Air Terjun Banyu Wana Amerta (Foto: instagram@clairyfairy32)

Di Bali ada air terjun yang bisa dikunjungi yakni Air Terjun Banyu Wana Amertha. Meski baru dikembangkan pada awal tahun 2018 tempat ini sudah menarik wisatawan lokal maupun mancanegara. Untuk sampai ke lokasi kamu harus berjalan kaki sekitar 20 menit dari parkiran. Suasana yang begitu asri tentu akan membuat siapa saja yang berkunjung ke sana betah.

Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman (Instagram/weny_kelces)
Masjid Raya Baiturrahman (Foto: instagram@weny_kelces)

Dengan dindingnya yang putih bersih, kubah hitam dan menara yang menjulang tinggi. Masjid yang dibangun pada abad ke-19 ini memiliki pemandangan mempesona. Bagi umat muslim Aceh masjid ini adalah bangunan yang patut dijaga. Saat Tsunami dahsyat tahun 2004, Masjid Raya Baiturrahman masih kokoh berdiri meskipun seluruh bangunan di sekitarnya rata dengan tanah.

Wayag

Wayag (Instagram/erensvalentino)
Wayag (Foto: instagram@erensvalentino)

Timur Indonesia memang dikenal dengan keindahan baharinya. Hal yang menarik perhatian adalah Pulau Wayag salah satu pulau di distrik Raja Ampat. Di tempat ini kamu bisa melihat pantai indah serta pulau-pulau karts yang muncul bak jamur.

Lembah Bada

Lembah Bada (Instagram/krisprimandoyo)
Lembah Bada (Foto: instagram@krisprimandoyo)

Lembah Bada atau Lembah Napu merupakan bagian dari Taman Nasional Lore Lindu. Di tempat ini kamu bisa menemukan situs megalitikum. Terdapat sekitar 400 megalit batu kuno yang diperkirakan berusia lebih dari 5000 tahun. Meskipun kamu bisa melihat ratusan patung tersebut dalam satu hari beberapa desa memiliki homestay atau guesthouses termasuk Bomba, Gintu dan Tuare.

Museum Batik Danar Hadi

Museum Batik Danar Hadi (Instagram/iswan98)
Museum Batik Danar Hadi (Foto: instagram@iswan98)

Museum Batik Danar Hadi atau House of Danar Hadi (HDH) yang terletak di Solo, Jawa Tengah. HDH didirikan tahun 2008 oleh perusahaan batik asal Solo PT Batik Danar Hadi. Beragam koleksi batik dipamerkan di tempat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here