Lima Pelajar Indonesia Akan Tanding Dalam Ajang Young Inventors Challenge

Lima siswa peraih medali dari Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) dan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) tahun 2017 akan bertanding di kancah internasional. Dalam ajang Young Inventors Challenge (YIC) pada bulan September 2018 mendatang di Kuala Lumpur, kelima siswa tersebut akan menunjukkan karya inovasi yang bertema Invention To Serve.

Mereka adalah Muhammad Naufal Hakim dan Nuha Maulana Ahsan (SMAN 5 Yogyakarta), Okti Nurhidayah (SMAN 1 Sampang, Cilacap, Jawa Tengah), Mochammad Abdurrozaq Hidayat serta Rifando Heri Suryawan (SMAN 3 Semarang, Jawa Tengah).

Invention To Serve yang akan mereka tampilkan di ajang Young Inventors Challenge (YIC) adalah karya inovatif yang memiliki manfaat untuk melayani kepentingan manusia, hewan, tumbuhan, dan lingkungan sehingga dapat membuat perubahan positif bagi manusia, lingkungan, dan atau budaya setempat.

Untuk lebih mempertajam kemampuan dalam ajang YIC, para peserta diberi pembinaan langsung oleh Direktorat Pembinaan SMA dengan menghadirkan para pembina dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Pembinaan dilakukan selama lima hari di Park 5, Cilandak, Jakarta, pada tanggal 11 – 15 Maret 2018.

Selama masa pembinaan, para siswa dilatih menyusun proposal penelitian dalam bahasa Inggris sesuai syarat ajang YIC. Mereka juga akan diberikan referensi buku -buku bacaan untuk memperdalam penelitian yang akan dilombakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here