Lepet Jagung, Penganan Lezat Khas Jatim

lepet jagung

Lepet Jagung mungkin mendengar nama makanan yang satu ini bagi sebagian masyarakat Indonesia terutama orang jawa tahu, namun ada sebagian juga yang belum mengetahuinya.

Lepet jagung adalah makanan ringan khas Indonesia. Olahan jagung parut yang dibungkus dengan kulit jagung. Kue basah ini memiliki citarasa manis dan gurih. Bungkus kulit jagung menjadikan camilan ini menjadi bentuk yang unik.

Penganan ini sehat dan bergizi. Kandungan lepet jagung banyak mengandung serat sehingga baik untuk kesehatan pencernaan, mengandung vitamin B12, asam folat, dan zat besi yang bisa menghindarkan dari anemia atau kekurangan darah, kaya akan vitamin C, karotenoid, dan bioflavonoid yang dapat menjaga kesehatan jantung dan gula darah, Lepet adalah sejenis makanan yang dibuat dari beras ketan dicampur dengan olahan seperti kacang-kacangan atau bisa diganti dengan lainnya.

Jajanan tradisional ini berasal dari Gresik, Jawa Timur. Cara membuat lepet jagung ini tidak berbeda dengan pembuatan lepet ketan. Namun bahan baku yang digunakan lebih banyak. Resep Lepet Jagung ini dimodifikasi dari laman resepgulaku.com:

Ingin mencoba buat camilan ini? Caranya mudah saja, seperti berikut:

Bahan:
5 buah jagung muda
150 g parutan kelapa muda
100 g gula pasir
1/4 sdt vanili bubuk
1/2 sdt garam

kulit jagungnya juga bisa dijadikan untuk membungkus adonan

Cara Membuat:

1. Kukus parutan kelapa muda selama 10 menit lalu, siishkan.
2. Kupas jagung, simpan kulit jagung untuk membungkus adonan lepet nanti. Bersihkan jagung lalu parut halus. Bisa juga di pipil lalu haluskan.
3. Campur Jagung yang telah dihaluskan dengan kelapa parut, gula, vanili bubuk dan garam. Aduk rata, jadilah adonan lepet.
4. Ambil 2 helai kulit jagung lalu masukkan 1-2 sdm adonan lepet atau sesuai selera.
5. Lipat hingga adonan terbungkus rapih dan tidak ada adonan yang bocor.
6. Kukus lepet jagung selama 30 menit.
7. Keluarkan lepet jagung, dapat disajikan hangat ataupun dingin.

Selamat mencoba, dan jangan lupa hidangkan dengan ditemani teh manis atau kopi hangat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here