Lampung Barat Rumah Kopi Favorit Dunia

Lampung Barat tersohor dengan tanahnya yang subur sejak dulu. Daerah itu penghasil kopi dengan jenis robusta favorit dunia.

Kabupaten Lampung Barat merupakan pemekaran dari Kabupaten Lampung Utara yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1991 tanggal 16 Agustus 1991. Ubi kotanya di Liwa.

Daerah tersebut di dominasi oleh pantai dan bukit-bukit dengan ketinggian tanah 500 hingga 1000 di atas permukaan laut (mdpl).Tanahnya subur.

Dataran Lampung Barat pun memiliki perkebunan yang diunggulkan dari daerah tersebut adalah kopi dengan jenis robusta. Kopi robusta lampung menjadi penyumbang ekspor terbanyak bagi Lampung Barat dengan produksi 100.000 ton per tahun.

Perkebunan Kopi Lampung

Dikutip dari detik.com, Kabupaten Lampung Barat memiliki luas lahan perkebunan kopi sebesar 53 ribu hektare (ha). Kebun-kebun kopi tersebut tersebar di 15 kecamatan, lima kelurahan, dan 131 desa.

Salah satu daerah perkebunan kopi di Kabupaten Lambung Barat adalah Liwa. Liwa yang juga merupakan ibu kota Kabupaten Lampung Barat (LAMBAR), penghasil utama kopi robusta. Liwa memiliki luas lahan perkebunan 53.606 Ha, kapasitas produksi 52.645 ton kopi, dan baiknya semua perkebunan tersebut 100% dikelolah oleh rakyat sebanyak 35.737 KK petani kopi.

Pada umumnya mata pencaharian masyarakat Lampung Barat adalah petani kopi atau tanaman perkebunan lainnya. Itu menjadikan kopi khas Lampung ini lambat laun menujukan peningkatan yang signifikan. Dorongan dari pemerintah dalam memberikan arahan kepada petani agar menerapkan sistem tanam tepat guna menjadi salah satu faktornya.

Dalam meningkatkan produksi tanaman kopi khas lampung serta sebagai langkah mempermudah petani kopi dalam melakukan perbaikan lahan yang sudah dianggap tidak produktif lagi, Kabupaten Lampung Barat, menjadi sentra ujicoba pengembangan sistem Somatik Embriogenesis (SE) tanaman kopi untuk Provinsi Lampung.

Sistem ini akan berpengaruh besar pada produktifitas tanaman, sekaligus mengenalkan kepada petani akan sistem yang dapat memicu peningkatan hasil panen setiap tahunnya. Daerah Lampung Barat menjadi contoh terbaik di Provinsi Lampung dalam peningkatan produksi dan mutu kopi karena kualitas kopinya (robusta) terbaik nasional. Karena itu para petani disana sangat bahagia dengan adanya sandangan kopi lampung terbaik.

Cita Rasa Kopi Robusta Lampung Barat

Banyaknya titik perkebunan kopi di Indonesia akan menghasilkan beragam rasa green bean atau biji kopi mentah. Faktor yang menjadikan rasa tersebut beragam sebagai berikut :

Jenis Kopi

Saat ini ada 3 jenis kopi yaitu kopi arabika, kopi robusta, dan kopi liberika. Kopi arabika memiliki tingkat keasaman tinggi dan pahitnya samar. Aroma dari kopi ini adalah buah, bunga, dan rempah.

Kopi robusta memiliki rasa pahit dan aromanya lebih ke earthy dan nutty. Kopi Liberika ini sangat unik karena aromanya seperti buah nangka dengan kental dengan rasa pahit.

Varietas Kopi

Saat ini di dunia terdapat 140 spesies tanaman kopi, baik itu galur murni (keturunan langsung) atau pun hibrida (persilangan). Kopi Robusta atau Liberika memiliki varietas kopi yang sangat sedikit bila dibandingkan dengan Kopi Arabika.

Terroir

Terroir ini adalah kondisi alam pada suatu daerah penanaman yang berpengaruh terhadap cita rasa buah yang dihasilkan pada tanaman tesebut. Terroir terdiri atas iklim cuaca, curah hujan, angin, struktur tanah, kemiringan tanah, sinar matahari, dan ketinggian.

Penanganan Pasca Panen

Perbedaan penanganan pasca panen terletak pada proses fermentasi buah kopi, yang biasanya ada tiga macam, yakni fermentasi ringan (proses basah/washed process), fermentasi medium (semi washed) dan fermentasi tinggi (dry process). Setiap prosesnya akan menghasilkan cita rasa kopi yang berbeda.

Secara umum kopi Robusta Lampung Barat sendiri memiliki body tinggi, acidity rendah, dengan karakter earthy dan notes nutty, woody dan dark chocolate. Kopi lampung umumnya masih diproses secara tradisional atau natural.

Harga Kopi Lampung Barat Asli

Harga dari kopi lampung barat asli itu sendiri bermacam-macam. Semakin tanaman tersebut dirawat baik, buah dipetik secara tepat, dan proses penanganannya maka harga kopi tersebut akan tinggi. Catatan pentingnya dari harga kopi lampung barat, tidak akan melebihi harga kopi arabika.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here