Kuliner Unik Seblak Khas Bandung

Kota Bandung merupakan kota terbesar di Provinsi Jawa Barat, sekaligus menjadi ibu kota provinsi tersebut. Kota ini terletak di sebelah tenggara Jakarta dan merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya menurut jumlah penduduknya. Kota Bandung merupakan salah satu kota yang mempunyai beberapa destinasi wisata yang banyak dicari oleh wisatawan dari dalam negeri maupun luar negeri, dengan hal ini tentunya memberikan dampak terhadap populernya makanan khas kota ini. Salah satu makanan yang terkenal di Bandung adalah Seblak. Bagi warga kota Bandung kata seblak sudah biasa didengar dan dinikmati, namun tidak bagi orang-orang yang berkunjung ke Kota Bandung.

Seblak adalah makanan Indonesia yang bercita rasa gurih dan pedas, yang terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan sayuran dan sumber protein seperti telur, ayam, boga bahari atau olahan daging sapi, dimasak dengan bumbu tertentu. Seblak adalah makanan khas Bandung, Jawa Barat. Seblak kini menjadi makanan jajanan jalanan yang digemari berbagai kalangan masyarakat terutama di daerah Jawa Barat dan Jabodetabek. Seblak disajikan di rumah makan dan warung, serta dijajakan di gerobak pedagang keliling. Makanan yang bertekstur kenyal ini memiliki rasa yang pedas dan menyegarkan, serta memiliki beberapa variasi, baik rasa maupun bahan tambahan juga kemasan.

Memang cara pembuatannya seperti membuat mie atau kwetiaw goreng dan rebus dari bahan kering, tetapi seblak memiliki cita rasa yang berbeda. Dilansir Kulinernasional.com, seblak selain memiliki tekstur yang lebih kenyal biasanya seblak juga diolah dengan bumbu yang lebih pedas. Pada awalnya, pembuatan seblak hanya dimasak dengan kerupuk kuning yang direbus dan dipadukan dengan bumbu-bumbu sederhana. Namun saat ini pembuatan seblak sudah dibuat dalam berbagai variasi mulai dari seblak kering dan juga seblak basah.

Seblak saat ini sudah dapat ditemui di beberapa tempat bahkan sudah mulai dijual oleh pedagang seblak keliling. Tetapi jika anda pergi ke Bandung dan ingin menikmati lezatnya seblak yang menyediakan seblak dengan cita rasa yang nikmat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here