Kota di Indonesia Ini Dinobatkan Sebagai Kota Batik Dunia

Kota Jogyakata sebagai Kota Batik Dunia

Batik sebagai warisan budaya bangsa Indonesia, bukan haya populer di dalam negeri, namun juga telah mendunia, dan telah diakui Unesco.

dan ternyata salah satu kota di Indonesia merupakan kota batik dunia, Yogyakarta dinobatkan sebagai Kota Batik Dunia, oleh Dewan Kerajinan Dunia (World Craft Council/WCC),.

Batik sebagai karya tradisional Indonesia, telah menjadi bagian tak terpisahkan dari Yogyakarta. Selain memiliki seni tinggi serta sejarah tak ternilai, batik telah mampu memberikan keuntungan ekonomi bagi masyarakat Kota Gudeg tersebut.

Kriteria tersebut adalah pertama, Yogyakarta memiliki nilai sejarah yang cukup dikenal di mana banyak peninggalan situs sejarah, salah satunya Candi Borobudur. Kedua, Yogyakarta tetap mempertahankan nilai keaslian meski sudah berkembangnya modernitas. Ketiga, nilai pelestarian yang dianggap bagian dari akar budayanya  masih dijaga dengan baik.
Sebelumnya, Direktur Eksekutif Dewan Kerajinan Nasional DIY, Roni Guritno mengatakan Yogyakarta bersaing dengan enam kota di enam negara di Asia Pasifik dalam ajang itu.

Dengan penobatan tersebut Dewan Kerajinan Dunia akan mempublikasikan kota batik ke berbagai belahan dunia, sehingga masyarakat dunia akan semakin mengenal Yogyakarta dan sekitarnya dengan batik khasnya.

Kriteria keempat, lebih lanjut Laretna menjelaskan, Yogyakarta memiliki nilai ekonomi yang mampu meningkatkan penghasilan negara lewat batik. Lalu yang kelima, Yogyakarta memiliki nilai ramah lingkungan karena setiap apapun yang dibuat selalu mudah diolah oleh para pengrajin sehingga tak meninggalkan banyak limbah.

“Karenanya, sangat penting bagi Indonesia, untuk hadir dalam peringatan 50 tahun WCC,” kata Wakil Senior Presiden WCC Asia Pasifik Ghada Hijjawi-Qaddumi saat diwawancarai RRI.
sebagai kota batik dunia, Yogyakarta terdapat banyak sentra batik tulis seluruh rangkaian proses pembuatan batik tulis yang dibuat masyarakat setempat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here