Kontingen UI Raih Juara III Kompetisi Cerdas-Cermat Migas Tingkat Internasional

Desta Suci Fitriani (Geofisika 2017), Jenny Azzahra (Teknik Kimia 2018), dan Valdo Lohanda Setiawan (Teknik Lingkungan 2017) yang tergabung dalam tim mahasiswa UI raih juara III (2nd Runner Up of Smart Competition) dalam ajang Smart Competition Tingkat Internasional, pada 11-13 Maret 2020 di Universitas Padjadjaran, Sumedang, Jawa Barat.

Smart Competition Tingkat Internasional ini merupakan salah satu rangkaian acara Boreyes : International Energy Fair yang diselenggarakan oleh Society of Petroleum Engineers Universitas Padjadjaran Student Chapter (SPE UNPAD SC).

Dalam kompetisi cerdas cermat bertema “Future Energy Development: Advancing Technology and Resources” ini, ketiganya dituntut untuk mengalahkan tim lawan dengan cara menjawab pertanyaan tim juri secara cepat dan tepat.

Pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan para juri tersebut berkaitan erat dengan industri minyak dan gas (migas), diantaranya aktivitas eksplorasi bumi, produksi minyak bumi, ilmu kebumian (geologi & geofisika), serta isu-is terkait industri migas.

Salah satu anggota tim, Desta menjelaskan bahwa untuk mengikuti kompetisi ini, ia dan rekan-rekan satu timnya melakukan persiapan selama 2.5 bulan sebelum pertandingan. Persiapan awal, kata Desta menghabiskan waktu 1.5 bulan untuk menyusun materi yang akan dipertandingkan, sehingga tersisa 1 bulan untuk pematangan persiapan.

Kepada tim humas FMIPA UI, Mahasiswi kelahiran 1999 yang tergabung dalam keanggotaan SPE UI SC ini menyampaikan kesan-kesannya dalam ajang cerdas cermat internasional tersebut.

Ia menuturkan “melalui kompetisi ini, kami para mahasiswa termotivasi untuk lebih semangat lagi memperdalam wawasan tentang aspek teknis dan non-teknis di industri migas”.

Hal tersebut, juga sejalan dengan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini, yakni mendorong para siswa untuk saling berkompetisi memperluas wawasan tentang industri minyak dan gas, serta memicu semangat siswa untuk bersaing secara sehat dalam menciptakan gagasan maupun inovasi di bidang minyak dan gas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here