Konjen RI Peroleh Penghargaan Top 20 Global Women of Excellence 2019

Konsul Jenderal RI (Konjen RI) Chicago Rosmalawati Chalid  mendapat penghargaan Top 20 Global Women of Excellence 2019 dari U.S. Congressman Danny K. Davis, 7th Congressional District-Illinois- Multiethnic Advisory Task Force. Gugus tugas anggota Kongres (DPR) Amerika Serikat Danny K. Davis dibentuk pada tahun 2010 dan berperan penting dalam memajukan dan memberdayakan kelompok minoritas.(9/3)​
“Penghargaan yang saya terima merupakan pengakuan yang diberikan oleh komunitas internasional terhadap kemampuan yang dimiliki oleh perempuan Indonesia. Dalam bidang pekerjaan saya, sebelumnya perempuan merupakan minoritas dalam dunia diplomatik Indonesia, namun sekarang mereka telah menduduki berbagai posisi penting di Kemlu maupun perwakilan RI di luar negeri. Bahkan posisi puncak Kemlu RI dijabat oleh perempuan. Semua itu dicapai berkat kemampuan yang dimiliki masing-masing”, kata Konjen Chalid dalam sambutannya setelah menerima penghargaan dari anggota Kongres Danny K. Davis di hadapan ratusan hadirin.

“Kemampuan yang dimiliki oleh perempuan Indonesia juga telah diakui oleh dunia internasional. Dalam KTT Pemimpin Tingkat Dunia di Dubai pada tahun 2018 Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani terpilih sebagai menteri terbaik dunia. Indonesia juga pernah memiliki presiden perempuan, yaitu Megawati Soekarnoputri dan sejumlah menteri dan anggota Parlemen perempuan yang berdedikasi tinggi dalam menjalankan tugas yang diamanatkan kepada mereka”‘lanjut Konjen Chalid.

Pemberian penghargaan kepada perempuan yang berprestasi di bidangnya dilakukan dalam rangka merayakan Hari Perempuan 2019. Penghargaan yang diberikan tahun ini merupakan yang ketujuh kalinya dan diberikan kepada perempuan berprestasi dari berbagai bangsa, baik yang berada di AS maupun negara lainnya seperti Ghana, India, Kolombia, dan Nigeria.

Selain Konjen Chalid, terdapat terdapat 19 perempuan berprestasi lainnya yang mendapatkan Penghargaan Top 20 Global Women of Excellence 2019,  dengan berbagai profesi seperti anggota Parlemen, pilot, IT, peneliti, NGO, pengusaha, Walikota, jurnalis, dan pegiat keagamaan dan sosial.

“Perempuan yang memiliki prestasi luar biasa di tanah air mempunyai kesempatan untuk mendapatkan penghargan ini dan saya akan mengusulkan calon-calon dari Indonesia tahun depan”, Konjen Chalid menjelaskan.​

Penghargaan yang diterima oleh Konjen Chalid merupakan pengakuan terhadap kemampuan yang dimilikinya di dunia diplomasi Indonesia yang telah dijalankannya selama lebih dari 30 tahun. Hal ini dapat dilihat dari berbagai tugas yang dipercayakan oleh Pemerintah Indonesia kepada Konjen Chalid yang telah dilaksanakannya dengan baik, antara lain yaitu sebagai perempuan pertama yang menjabat sebagai Konjen RI Chicago dan perempuan pertama pula yang menjabat sebagai Kepala Biro Kepegawaian Kementerian Luar Negeri RI (Kemlu RI). Selama berkecimpung di dunia diplomatik, Konjen Chalid telah ditugaskan di perwakilan RI di Italia, Filipina, RRT dan Chicago serta mewakili Pemerintah Indonesia dalam berbagai pertemuan internasional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here