Kongres Diaspora Indonesia ke 4 Resmi di buka, Bahas Kerja Nyata Bangun Bangsa

Kongres Diaspora ke 4 (Conggres of Indonesia Diaspora/CID) resmi di buka oleh wakil presiden Jusuf Kalla dan dihadiri Diaspora Indonesia sekitar 1000 orang diaspora indonesia yang tinggal di luar negeri maupun di dalam negeri.

Dalam pembukaan tersebut Wakil Presiden Jusuf Kalla berpesan agar menjaga keutuhan bangsa sesuai dengan nilai leluhur bangsa dan membangun indonesia secara bersama-sama, “budaya Indonesia sering pulang kampung, diharapkan diaspora dapat bersama-sama membangun bangsa Indonesia bukan hanya negara lain, dan banyak potensi yg dapat dibangun bangsa ini”ujar Jusuf Kalla dalam acara kongres diapora tersebut.

Dalam kongres diaspora tersebut juga di hadiri oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambamg Brodjonegoro, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri.

Sementara itu Steering Committee Global Summit CID ke-4, Edward Wanandi, mengatakan acara ini diselenggarakan untuk memberikan manfaat nyata bagi masyarakat Indonesia dan bagi diaspora sendiri.

“Perlu menindaklanjuti acara sebelumnya namun belum merasakan real program bagi masyarakat Indonesia dan juga bagi sesama diaspora itu sendiri,” kata Edward dalam sambutannya di Kongres Diaspora (Conggres of Indonesia Diaspora/CID) di JS Luwansa, Jakarta Selatan, Senin (21/8/2017).

Adapun topik dalam pertemuan kali ini yaitu pembangunan pendidikan dan kesehatan bagi Papua dan Papua Barat, kontribusi penghematan energi di Indonesia, advokasi atau bantuan hukum bagi WNI yang mempunyai masalah hukum di luar Indonesia.

“Melihat apa yang bisa kita kontribusikan bagi Papua dan Papua Barat karena keadaan di sana ada yang bisa diperbaiki,” ujar Edward.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here