Kompetisi Kopi Aeropress Championship 2017 Di Prambanan

Kopi Indonesia memang memiliki citarasa yang terkenal hingga seantero dunia, Dan banyak kompetisi nasional di selenggarakan, salah satunya kompetisi kopi Aeropress Championship 2017 di Candi Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Suasana menyenangkan pun terlihat jelas selama lomba berlangsung. Satu hal yang pasti, pihak penyelenggara menginginkan seluruh peserta bergembira selama menyeduh kopi. Alhasil, aura persaingan pun tak terlalu kentara. Inilah yang membedakan Aeropress Championship dengan lomba kopi lainnya.

Sebanyak 81 barista berkompetisi meracik kopi di Program Mandiri Coffiesta. Kompetisi menyeduh kopi yang berafiliasi dengan Aeropress Championship International itu berlangsung sejak 22 hingga 23 April 2017, bersamaan dengan kegiatan Mandiri Jogja Marathon.

Event Coordinator Aeropress Championship, Sella Juliani, mengatakan, diadakannya kompetisi barista ini dalam acara Mandiri Jogja Marathon merupakan kesepakatan dengan Bank Mandiri selaku sponsor utama. ” Karena event tahun lalu cukup banyak pesertanya dan meriah, maka kita sepakat mengadakan event lain, yaitu kompetisi kopi,” papar Sella.

Aeropress Championship hari pertama dibuka pukul 08.00 WIB dan berakhir pukul 17.00 WIB. “Kompetisinya diadakan sampai pukul 15.00 WIB, tetapi stannya sampai sore,” ujar Sella. Sementara pada hari ini, stan dibuka lebih pagi, mulai pukul 04.00 WIB, karena mengikuti jadwal Jogja Marathon.

Inisiator Aeropress Championship di Tanah Air, Wilianto, mengaku bangga dapat mengadakan event untuk para barista di Yogyakarta. Ia berharap, kompetisi kopi di Yogyakarta ini dapat menjaring barista terbaik untuk tingkat nasional. “Pemenang nasional, yang terbaik, selanjutnya diikutsertakan ke tingkat internasional di Korea,” ujarnya saat memberikan sambutan.

Dalam ajang ini pengunjung tidak hanya dapat menyaksikan aksi-aksi para barista meracik kopi dengan seduhan terbaiknya. Pengunjung juga dapat menikmati kopi-kopi dari puluhan stan kedai kopi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here