KJRI Sydney Selenggarakan Kompetisi Bahasa Indonesia 2017

Kementrian luar negeri diwakili KJRI Sydney selenggarakan kompetisi bahasa indonesia di Sir John Auditorium UNSW, Konsul Hermanus Dimara dari KJRI Sydney dan seorang staf hadiri Acara Pemberian Penghargaan, yang dilaksanakan pihak Claremont College berupa penyerahan hadiah dan piagam kepada siswa dari sekolah tersebut. Salah satu kategori penerima hadiah adalah para siswa sekolah tersebut yang menang pada Kompetisi Siswa 2017- sebuah ajang unjuk kemampuan berbahasa Indonesia bagi para siswa program Bahasa Indonesia di wilayah NSW, yang telah dilaksanakan 15 November 2017 di New South Wales (NSW) School of Languages, Sydney.(4/11)

Dilansir dari laman Kemlu, go.id Kompetisi Siswa 2017 diikuti oleh para siswa program Bahasa Indonesia dari total 9 sekolah di NSW, dari tingkat TK dan SD dan SMP. Pada ajang ini, peserta lomba mengirimkan tulisannya dalam Bahasa Indonesia mengenai topik-topik, antara lain hal-hal yang disukai, seperti binatang favorit, makanan favorit, teman favorit dan kota favorit. “Tulisan dan hasil karya para peserta lomba sangat kompetitif, baik dari segi bahasa maupun isi tulisan. Namun para juri melalui diskusi cukup panjang, telah berhasil menetapkan pemenang I, II, III untuk masing-masing tingkatan dan kategori”ujar Hermanus, yang mewakili KJRI Sydney sebagai anggota dewan juri pada Kompetisi Siswa 2017 saat itu.

Siswa dari program Bahasa Indonesia di Claremont College menjadi pemenang ketiga untuk Tingkat 1 (setara SD kelas1-2), pemenang ketiga untuk Tingkat 2 (setara kelas 3 – 4 SD) dan pemenang ketiga untuk Tingkat 3 (setara kelas5 – 6 SD) pada Kompetisi 2017 tersebut. Kemenangan tersebut memiliki arti sangat penting bukan hanya bagi para siswa, tetapi juga bagi guru Bahasa Indonesianya, Jill Shoebridge, yang sangat berdedikasi dalam mengajar Bahasa Indonesia. “Seperti yang diperkirakan, siswa-siswa saya senang sekali terima hadiah dari staf KJRI Sydney. Tadi terlihat, para siswa lainnya sedikit iri” ujar Jill. “Selain menyediakan kesempatan terhadap siswa dari program Bahasa Indonesia untuk memperlihatkan kemajuan mereka dalam Bahasa Indonesia, Kompetisi Siswa dapat juga memotivasi siswa baru untuk belajar Bahasa Indonesia” Ibu Jill lanjutkan.

Kompetisi Siswa adalah program tahunan kerja sama antara NSW School of Languages, KJRI Sydney, Departemen Pendidikan NSW, Australia Indonesia Association (AIA), The Modern Language Teachers Association (MLTA), dan The Association of Independent Schools of NSW (AIS NSW). KJRI Sydney senantiasa berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk promosikan dan majukan Bahasa Indonesia di wilayah kerja KJRI Sydney, yang meliputi negara bagian NSW, QLD, dan SA.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here