KJRI Sydney Salurkan Bantuan Bagi WNI Terdampak COVID-19

Sebagai bentuk perlindungan bagi WNI, KJRI Sydney telah menyalurkan bantuan kepada 210 WNI pemegang Work and Holiday Visa (WHV) yang mengalami kesulitan akibat kehilangan pekerjaan karena dampak pandemik Covid-19 (14/04/2020).

Dalam laman Kemlu RI, KJRI Sydney sebelumnya telah melakukan identifikasi WNI pemegang WHV yang membutuhkan bantuan melalui beberapa komunikasi pendahuluan yang intensif, berupa pendataan dan video conference.
Bantuan dilakukan serentak di 3 negara bagian, yaitu 100 paket bantuan di New South Wales, 72 paket bantuan di Queensland, dan 38 paket bantuan di South Australia. Bantuan ini dilakukan bersama komunitas Indonesia di Queensland dan South Australia guna mempermudah penyaluran bantuan.
Saat penyaluran bantuan secara simbolis di New South Wales, Konjen RI,
Heru Subolo menegaskan bahwa pemberian paket bantuan merupakan tanda kepedulian dan kehadiran negara di tengah warganya di luar negeri. “Agar setiap WNI pemegang WHV selalu mematuhi kebijakan Pemerintah Australia dengan tidak bepergian keluar rumah jika tidak penting, dan melakukan social distancing, serta mengatur kepulangan ke Indonesia sekiranya tidak mampu menunjang kehidupannya hingga enam bulan ke depan”, pesan Konjen Subolo.
Paket bantuan yang diberikan berupa bahan pokok seperti beras, minyak goreng, telor, gula pasir, susu, mie instan, biskuit, dan hand sanitizer yang saat ini sangat sulit didapat di pasaran. KJRI Sydney terus memantau dan menjalin komunikasi erat dengan WNI yang terdampak pandemik Covid-19.
Work and Holiday Visa merupakan jenis visa yang dikeluarkan Pemerintah Australia kepada warga negara asing untuk tujuan berlibur sambil bekerja yang berlaku selama satu tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here