Kini Bali Punya Wisata Religi Baru, Ramai Saat Bulan Purnama

-Pancoran Solas yang kerap digunakan pengunjung untuk melukat.

Bali nampaknya masih menjadi magnet wisata di Indonesia, berbagai objek wisata alami terdapat didalamnya, dan sudah dikenal diseluruh dunia.

Kini di Bali hadir Wisata spiritual di Tirta Empul, Tampak Siring, Gianyar atau Tirta Sudamala di Bangli memang sudah banyak diketahui oleh masyarakat Bali, khususnya yang baragama Hindu, Namun siapa sangka, Tabanan juga memiliki wisata spiritual yang kini mulai banyak dikunjungi masyarakat untuk melukat yang bernama Pancoran Solas.

Pancoran Solas tersebut berlokasi di Banjar Batannyuh, Desa Batannyuh, Kecamatan Marga, Tabanan. Sesuai dengan namanya, di lokasi tersebut ada sebelas (Solas) pancoran dari sumber mata air alami yang digunakan untuk melukat.

Tak sulit untuk menemukan lokasinya, dari jalan utama kita tinggal berjalan sejauh satu kilometer ke arah timur hingga menemui deretan pancoran yang keluar dari tebing dan berjumlah 11. Terdapat juga sebuah pemandian suci yang dipercaya sebagai tempat melukat (meruwat) dan membersihkan segala kotoran yang melekat badan rohani kita. Sehingga tidak mengherankan, ketika anda berkunjung ke Pura Tirta Empul, pada saat bertepatan pada hari Suci seperti saat Purnama, selain wisatawan, juga para pemeluk umat Hindu yang ingin melakukan penyucian diri pada tempat pemandian suci.Salah seorang warga Banjar Batannyuh, Kadek Suka Wiasa, 20, mengungkapkan bahwa setiap harinya memang ada saja pengunjung yang datang ke Pancoran Solas untuk melukat. Bahkan kunjungan akan meningkat saat bertepatan dengan rainan seperti Purnama.

“Kalau hari-hari biasa ada saja yang melukat, tetapi pas rainan Purnama akan semakin ramai,” ujarnya. Menurutnya, pengunjung yang datang bukan hanya dari Tabanan saja melainkan juga dari Denpasar, Badung, Bangli hingga Klungkung.Dan Pancoran Solas sendiri mulai banyak diketahui keberadaannya sejak dua tahun terakhir ini, karena sebelumnya akses menuju Pancoran Solas ini sangat sulit dan harus menyeberangi sungai jika ingin melukat.

“Pancoran ini berada diseberang Sungai Yeh Sungi, jadi dulu kalau mau melukat harus menyebrangi sungai dan sampai saat ini juga belum ada penunjuk arah menuju kesana,” paparnya, tertarik untuk mengunjunginya, sambil mengunjungi pulau dewata, tidak ada salahnya mampir mengunjunginya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here