Keren! Restoran Indonesia Pertama di London Berkonsep Online

Warga London kini bisa merasakan kelezatan makanan Indonesia. Sebuah restoran online menyediakan aneka makanan yang bisa dipesan lewat gadget.

Kakak adik bernama Kimi dan Anthony Abdullah baru saja membuka restoran berkonsep online yang menyediakan aneka makanan Indonesia. Meskipun berkonsep online, restoran ini jadi yang pertama menyajikan makanan Indonesia di London.

Tidak seperti restoran lain yang memiliki bangunan permanen dan tempat bersantap bagi pengunjung, restoran ini justru sama sekali tak punya bentuk fisik bangunan. Semuanya dilayani dengan sistem pemesanan online.

Keren! Restoran Indonesia Pertama di London Berkonsep OnlineFoto: instagram @rasaindonesialdn

“Kami tidak memiliki ruang makan untuk dikunjungi. Kami sangat bergantung pada web dan menerima pesanan dan menargetkan pelanggan,” kata Kimi seperti dikutip dari LF Press (5/12).

Restoran online ini bernama Rasa Indonesia. Sebenarnya restoran ini memiliki kios kecil di pasar Western Fair namun kios ini hanya buka pada Sabtu dan Minggu. Makanan yang dijual juga tidak terlalu bervariatif.

Untuk hidangan yang lebih lengkap, pembeli bisa melakukan pemesanan online melalui aplikasi Uber Eats dan Door Dash. Pemesan makanan bisa melihat aneka menu hidangan di layar aplikasi, setelah memilih maka makanan akan diantar langsung ke rumah pemesan.

Kimi dan Anthony mencoba menjelaskan makanan Indonesia berbeda dengan rasa makanan Thailand atau Vietnam. “Semua negara (Asia Tenggara) sangat dipengaruhi oleh penjajah, kuliner Vietnam dipengaruhi cita rasa Perancis dan Indonesia dipengaruhi cita rasa makanan Belanda,” kata Kimi. Pengaruh itu dapat dilihat dari penggunaan bumbu dan rempah-rempah yang banyak.

“Ini adalah restoran online pertama di London yang pernah saya dengar,” kata Brian Lavery, editor majalah Eat Drink London.

Lebih lanjut Lavery juga mengatakan kalau restoran ini akan sukses di masa depan. Orang-orang akan semakin banyak yang memesan makanan lewat jalur online.

Kimi menjelaskan alasannya membuka restoran online karena alasan finansial. Di London banyak restoran tidak bertahan lama karena masalah finansial. Kendati demikian, Kimi berharap suatu hari nanti bisa membuka restoran dengan etalase yang dipenuhi aneka makanan Indonesia.

Keren! Restoran Indonesia Pertama di London Berkonsep OnlineFoto: instagram @rasaindonesialdn

Dilihat dari laman website resminya, Rasa Indonesia ini memiliki cukup banyak menu. Beberapa diantaranya ada bakwan jagung, sayur asem, soto mie bakso, rendang, gulai ayam, opor ayam, sate ayam, urap sayur, nasi kuah, hingga aneka sambal.

Harga yang dibanderol untuk setiap menu ini bervariasi mulai $ 2 (Rp 28 ribu) hingga $ 15.50 (Rp 218 ribu) tergantung jenis hidangannya. Selain menu satuan, restoran online ini juga menawarkan menu paket yang terdiri dari 4 hidangan mulai dari makanan pembuka hingga menu utama. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here