Keren! Motor Listrik Karya Anak Bangsa Ini Bakal Dipajang di Galeri Internasional Makau

Di tengah masa pandemi Covid-19 yang berkepanjangan, sebuah karya anak bangsa kembali meluncur di level internasional.

Studio dari brand dan desain otomotif asal Jakarta, Katalis Company berkolaborasi dengan galeri otomotif asal Prancis, TheArsenale, menghasilkan motor listrik yang berdesain vintage.

Motor bertajuk Katalis EV.1000 TheArsenale special edition ini adalah turunan dari seri pertama, yaitu Katalis EV.500 yang dirilis pada April silam.

Head of Strategy Katalis, Joseph Sinaga, mengungkap awalnya pihaknya mendapat tawaran untuk memajang EV.500 di galeri TheArsenale, Makau.

“…Tapi setelah melalui berbagai sesi diskusi, akhirnya kami sepakat untuk sama-sama menggarap desain khusus, dan hanya ada satu di dunia untuk dipajang di galeri tersebut. Sebuah kehormatan buat kami,” ceritanya kepada GNFI

Joseph pun menjalaskan bahwa Katalis EV.1000 adalah cetak biru (blueprint) dari motor masa depan. Dari segi visual dan positioning produk pihaknya berupaya untuk menarik minat generasi muda untuk memulai kebiasaan baru menggunakan kendaraan listrik yang ramah lingkungan.

”Kolaborasi antara Katalis dan TheArsenale bukan hanya milik kami semata, namun juga milik bangsa kita yang sebentar lagi akan merayakan hari kemerdekaan. Ini adalah hadiah kami bagi Indonesia.”

Sementara dari siaran pers Katalis disebutkan bahwa CEO galeri TheArsenale, Patrice Meignan, menjelaskan jika kolaborasi ini merupakan hal yang paling mengesankan bagi galerinya tersebut.

”Kami berterima kasih atas kerja keras Katalis dalam mewujudkan motor ini hingga siap untuk dikirimkan ke Makau,” katanya.

Sejatinya, Katalis EV.1000 ini peresmian pemajangannya yang bertempat di City of Dreams Tower, Makau, itu akan dilakukan pada tanggal 25 September 2020.

Katalis EV.1000

info gambar

TheArsenale, galeri khusus kendaraan edisi terbatas di dunia

Kendaraan atau apapun yang terpajang di galeri TheArsenale secara umum adalah kendaraan dengan kategori edisi khusus (limited edition), bahkan mungkin kendaraan yang hanya ada satu-satunya di dunia.

Sebut saja beberapa kendaraan yang memiliki nilai yang fantastis yang dipajang di galeri yang bertempat di Makau dan Miami itu. Mulai dari dari sepeda, mobil balap F1, hingga pesawat.

”Sesuai dengan prinsip kami, If James Bond did internet shopping at TheArsenale there would be no need for Q,” tulis Patrice.

Maksud dari kelakar Patrice tersebut adalah, ”Jika James Bond melakukan belanja online di TheArsenale, maka ia tak memerlukan Q.”

Jika sering menonton film James Bond, maka tentunya kenal dengan sosok Q yang merupakan profesor atau pencipta perangkat atau kendaraan unik yang kerap dipakai James Bond.

Secara umum, tampilan motor listrik Katalis EV.1000 didominasi warna hitam matte (doff) yang dibalut dengan ornamen strip berwarna oranye yang merupakan ciri khasnya.

”Warna tersebut diambil dari brand guidelines TheArsenale, yang tentunya menjadi acuan kami dalam mendesain visual dari Katalis EV.1000,” beber Julian Palapa, Principal Designer Katalis, pada kesempatan yang sama.

Sosok yang yang memiliki latar belakang arsitek ini menjelaskan bahwa penggerak motor berkapasitas 1.000 watt ditanamkan pada motor ini, tentunya berkat dukungan baterai berkapasitas 48V 45Ah. Motor ini juga didukungan dengan controller berdaya 48-72 Volt.

”Motor ini bisa dipacu hingga 70-80 km/jam, dengan jarak tempuh sekitar 90 kilometer sekali pengisian baterai.”

Proses perakitan Katalis EV.1000 memakan waktu kurang lebih 3 bulan, dengan berbagai kompleksitas komponen dalam hal pengaplikasian cat agar sesuai dengan brand guidelines, serta instalasi dasbor elektronik yang bisa mengukur kecepatan, lokasi pengendara secara daring (GPS), juga integrasi dengan sistem motor lainnya.

Julian pun menjelaskan bahwa visi Katalis Company dalam mendesain motor listrik Katalis EV.1000 tak lepas dari latar belakang yang multi-disiplin.

Bahkan studio ini memproduksi keseluruhan rangka/sasis dan lengan ayun (swing-arm) dengan bahan baru yang terbuat dari aluminium dengan seri 6061.

”Dengan desain bauran dari nostalgia desain militer tempo dulu dan teknologi listrik masa depan, kami rasa cukup langka ada desain motor listrik yang menggunakan bahan metal,” jelasnya.

Panel instrumen yang bergaya retro yang ada di EV.500 pun tetap ada di motor ini, yang tentunya disesuaikan dengan warna bodi.

Kemenparekraf pun kagum

Kemenparekraf jajal motor listrik EV.1000

info gambar

Kekaguman lain atas motor ini juga diutarakan oleh Staf Ahli Menteri Bidang Inovasi dan Kreativitas dan Plt. Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Joshua Simandjuntak, yang mengunjungi studio beberapa waktu lalu.

“Begitu saya coba, rasanya ingin langsung saya bawa pulang. Katalis EV.1000 menawarkan sensasi berkendara yang tidak hanya modern, namun menyenangkan. Saya mengapresiasi karya anak bangsa yang berupaya menembus pasar Internasional,” ungkap Joshua.

Joshua juga mengingatkan dan terus mendorong agar Katalis Company harus terus meningkatkan kinerjanya, untuk mencapai ekspektasi dari pasar internasional.

”Detail, detail, dan detail. Itu yang perlu ditingkatkan. Apalagi bila kita berada di segmen produk yang sifatnya premium dan futuristis,” pesannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here